MEMA’AFKAN, TERAPI PENYAKIT HATI

TERAPI PENYAKIT HATI

Tidak ada manusia yang luput dari masalah. Ketika masalah datang, ada yang mampu menyelesaikannya dengan baik, ada pula yang sulit menemukan solusi untuk menyelesaikannya. Terutama masalah yang hubungannya dengan relasi. Perceraian, perselingkuhan, kekerasan yang diterima seseorang dari orang lain, permusuhan, kebencian satu sama lain, merupakan masalah-masalah yang menimbulkan perasaan tak nyaman, menimbulkan dendam pada orang yang kita anggap sebagai ‘musuh’ atau ‘pelaku’ dan melahirkan sebuah luka batin.

Sementara itu, memaafkan pengalaman tersebut bukan hal yang mudah. Kesadaran bahwa menyimpan dendam bukan kondisi yang baik untuk melepaskan amarah juga dapat memakan waktu yang cukup lama. Akibatnya, kita mudah menyalahkan diri sendiri. Kita menyalahkan diri sendiri karena merasa telah gagal dalam hidup dan tidak mampu mengambil tindakan yang tepat saat terjadi masalah.

MEMAAFKAN MEMBUKA PINTU SURGA

Allah memerintahkan kita untuk segera memaafkan orang seperti dalam ayat-ayat. .

Surat Ali Imron ayat 133-134;

وَسَارِعُوا إِلَىٰ مَغْفِرَةٍ مِّن رَّبِّكُمْ وَجَنَّةٍ عَرْضُهَا السَّمَاوَاتُ وَالْأَرْضُ أُعِدَّتْ لِلْمُتَّقِينَ ﴿١٣٣﴾ الَّذِينَ يُنفِقُونَ فِي السَّرَّاءِ وَالضَّرَّاءِ وَالْكَاظِمِينَ الْغَيْظَ وَالْعَافِينَ عَنِ النَّاسِ ۗ وَاللَّـهُ يُحِبُّ الْمُحْسِنِينَ ﴿١٣٤

“Dan bersegeralah kamu kepada ampunan dari Tuhanmu dan kepada surga yang luasnya seluas langit dan bumi yang disediakan untuk orang-orang yang bertakwa, (yaitu) orang-orang yang menafkahkan (hartanya), baik di waktu lapang maupun sempit, dan orang-orang yang menahan amarahnya dan memaafkan (kesalahan) orang. Allah menyukai orang-orang yang berbuat kebajikan.”

Memberi maaf orang atas kesalahan yang mungkin tidak disengajanya termasuk keutamaan tersendiri bagi orang yang tersakiti. Rasululllah bersabda,

ثَلَاثٌ أُقْسِمُ عَلَيْهِنَّ مَا نَقَصَتْ صَدَقَةٌ مِنْ مَالٍ وَمَا زَادَ اللَّهُ عَبْداً بِعَفْوٍ إِلاَّ عِزًّا وَمَا تَوَاضَعَ أَحَدٌ لِلّهِ إِلاَّ رَفَعَهُ اللَّهُ

“Ada tiga golongan yang berani bersumpah untuknya, tidaklah berkurang harta karena shodaqoh, dan tidaklah menambah bagi seorang pemaaf melainkan kemulyaan, dan tidaklah seseorang bertawadhu’ (rendah hati) melainkan akan diangkat derajatnya oleh Allah Subhanahu Wata’ala.” (HR.Tirmidzi)

Rasulullah juga menjelaskan bahwa balasan bagi orang yang memaafkan kesalahan orang lain adalah Surga. Beliau bersabda dalam hadits Ibnu Abbas;

إِذَا كَانَ يَوْمُ الْقِيَامَةِ يُنَادِي مُنَادٍ فَيَقُولُ : أَيْنَ الْعَافُونَ عَنِ النَّاسِ ؟ هَلُمُّوا إِلَى رَبِّكُمْ خُذُوا أُجُورَكُمْ ، وَحَقَّ عَلَى كُلِّ مُسْلِمٍ إِذَا عَفَا أَنْ يُدْخِلَهُ اللَّهُ الْجَنَّةَ ” .

“Kelak pada hari kiamat, ada pemanggil yang menyeru, “Dimanakah orang-orang yang memaafkan orang lain? Kemarilah kepada Rabb kalian dan ambillah pahala kalian!” Dan wajib bagi setiap muslim bila suka memaafkan maka Allah masukkan dia ke dalam Surganya .”

Janji Allah, siapa yang memaafkan disaat dia mampu membalas, ia akan meraih Surga Allah.

مَنْ سَرَّهُ أَنْ يُشْرَفَ لَهُ الْبُنْيَانُ ، وَتُرْفَعَ لَهُ الدَّرَجَاتُ فَلْيَعْفُ عَمَّنْ ظَلَمَهُ ، وَلْيُعْطِ مَنْ حَرَمَهُ ، وَلْيَصِلْ مَنْ قَطَعَهُ ”

“Barangsiapa yang ingin dibangunkan baginya bangunan di Surga, hendaknya ia memafkan orang yang mendzaliminya, memberi orang yang bakhil padanya dan menyambung silaturahmi kepada orang yang memutuskannya.” (HR. Thabrani).

Mengapa Harus Memaafkan?
Memaafkan bukan artinya kita mengalah dan menyerah pada keadaan. Memaafkan merupakan sebuah mekanisme pelepasan rasa bersalah, rasa tidak nyaman, rasa benci dan marah pada diri sendiri atau orang lain. Perasaan-perasaan negatif tersebut tidak pernah selesai dan selalu membayangi hidup kita. Tanpa kita sadari, kondisi tersebut juga membuat kita dan kebahagiaan menjadi berjarak.

Memaafkan bukan artinya kita menyangkal semua peristiwa tidak menyenangkan yang pernah terjadi pada kita. Memaafkan justru membantu kita menerima dan berpikir lebih baik untuk melanjutkan hidup dengan perasaan yang lebih positif, tentang diri maupun orang lain. Ketika kita pernah disakiti orang lain sampai menimbulkan luka batin tertentu, kita memaafkan dengan tidak menghilangkan konsekuensi yang akan dihadapi orang lain karena tindakannya. Kita memaafkan karena kita fokus akan kesehatan mental kita sendiri.

Di sisi lain, memaafkan mungkin hal yang sulit karena kita memainkan beragam perasaan yang harus diurai satu per satu. Bahkan, kita harus siap dengan kegagalan dalam melakukannya. Hal ini menunjukkan bahwa memaafkan merupakan sebuah proses yang membutuhkan waktu dan upaya. Keadaan diri seseorang tidak akan melemah saat memaafkan, justru memaafkan adalah upaya untuk menjadi pribadi yang lebih kuat dan siap dengan tantangan serupa atau lainnya di masa yang akan datang. Kita juga mungkin tidak akan langsung mendapatkan dampak baiknya, namun memaafkan setidaknya membantu kita mengurai satu per satu simpul rasa negatif yang menumpuk setelah peristiwa-peristiwa traumatis yang menimbulkan luka batin itu terjadi.

Bagaimana Proses Memaafkan Terjadi ?
Memaafkan diri sendiri merupakan hasil dari proses yang dialami seseorang yang mengambil tanggungjawab untuk ambil bagian dalam situasi yang mengakibatkan perasaan sakit hati, kerusakan fisik pada orang lain, menyimpan perasaan negatif tentang orang lain dan menyalahkan diri sendiri. Memaafkan diri sendiri dicapai kerika individu berhasil mengenali bahwa mereka tidak sempurna dan bisa gagal menciptakan ideal self bagi diri mereka sendiri. Kita akan sampai pada pemikiran bahwa luka batin yang kita alami terjadi karena banyak faktor sehingga tidak perlu menyalahkan salah satunya. Memaafkan diri sendiri merupakan pintu gerbang kita memaafkan orang lain dan lalu melanjutkan hidup dengan perasaan yang lebih positif. Berikut adalah tahapan dalam memaafkan diri sendiri (Flanagan, 1996) :

Mengenali perasaan kita. Biasanya terjadi setelah kita merenungkan peristiwa demi peristiwa yang membangkitkan rasa marah, bersalah, menyalahkan orang lain, menyalahkan diri sendiri, depresi, dendam, cemas, menyesal yang semua merupakan akibat dari urusan yang belum selesai. Apa yang betul-betul kita rasakan saat ini? Kenali rasa itu.
Tanggung jawab dengan perasaan kita. Membangkitkan kebutuhan untuk memaafkan diri sendiri. Memunculkan empati diri (bukan mengasihani diri) dari pengakuan rasa ketidaksempurnaan. Kita berpikir bahwa kita bukan makhluk yang sempurna yang semua harus serba ideal. Kita mengakui bahwa kita telah menetapkan standar sangat tinggi di atas kemampuan dan kapasitas kita untuk mencapainya.
Ekspresi perasaan kita. Melalui dialog dengan diri sendiri. Berkontemplasi dan berefleksi. Berdialog dengan membahas perasaan negatif apa yang sudah terlibat dalam masalah ini dan nanti harus diubah dalam proses memafkan diri sendiri. Dialog ini bisa berfokus pada diri sendiri atau dengan orang lain.
Menciptakan kembali citra diri yang baru, lebih positif, mengambil masa lalu sebagai referensi dan berorientasi pada masa depan.
Kapan Membutuhkan Konselor/Terapis?
Kita mungkin membutuhkan bantuan profesional ketika mengalami kesulitan dalam proses memaafkan, namunkita terus berpikir bahwa kita harus keluar dari luka batin yang dirasakan. Pada dasarnya, setiap orang memiliki potensi untuk dapat menyelesaikan masalah sendiri. Apalagi jika supporting system orang tersebut berfungsi dengan baik. Orang terdekat yang mungkin dapat membantu adalah keluarga, teman dekat/sahabat, atau orang-orang lain yang dianggap signifikan dalam hidup seseorang.

Akan tetapi, ada kalanya supporting system kurang berjalan sesuai dengan harapan. Saat kita dalam kondisi yang negatif, tanpa disadari kita mulai menjauh dari orang-orang terdekat. Menarik diri dan menambah rasa negatif dengan menjadi malu, minder, kehilangan kepercayaan diri, merasa diri tidak berharga atau merasa takut ada orang lain yang menyakiti sama dengan yang pernah dialami. Saat itulah kita sulit melihat secara objektif bagaimana sesungguhnya supporting system itu bekerja untuk diri kita. Mereka mungkin mau membantu, namun dengan kondisi kita yang menarik diri akan sulit dijumpai titik temu.

Saat itulah kita membutuhkan batuan dari profesional, baik sebagai konselor ataupun terapis. Profesional dalam hal ini merupakan orang yang netral yang mungkin membuat diri merasa lebih nyaman untuk sharing. Profesional akan membantu untuk mengenali pola-pola yang tidak diharapkan dan mengidentifikasi area-area yang memerlukan perubahan. Kemudian, menavigasi pikiran kita sendiri untuk menemukan akar penyebab luka batin kita. Setelah itu, kita akan dibawa untuk menyusun rencana untuk mendapatkan kembali kesehatan mental dan kebahagiaan melalui kegiatan pemaafan. Kita hanya perlu jujur, terbuka dan percaya sesuai dengan kemampuan dan berpikir positif bahwa professional yang dipilih dapat membantu berjuang mengatasi luka batin yang kita rasakan.

Terapi Memaafkan

Langkah-langkah penggunaannya afirmasi memaafkan sebagai berikut :

  1. Rileks kan pikiran, perasaan, dan fisik.
  2. Baca secara khusyu dan pahami arti memaafkan

Sekarang rasakan perasaan Anda.

Mulailah untuk memaafkan semua orang yang terlibat dalam masalah Anda.

Biarkan semua perasaan kurang nyaman lepas dari diri Anda membuat Anda lega.

Anda sudah memaafkan mereka semua?…. Bagus.

Sekarang saatnya untuk memaafkan diri Anda sendiri.

Apapun yang sudah Anda lakukan di masa lalu, itu adalah masa lalu.

Sekarang Anda hidup untuk masa depan yang lebih baik.

Maka lepaskan semua rasa kecewa dan rasa bersalah Anda. Biarkan perasaan Anda lega sepenuhnya.

Apakah Anda sudah memaafkan diri Anda sendiri?. Bagus.

Sekarang yang terakhir.

Apapun yang sudah Anda lalui adalah sebuah perjalanan hidup yang pasti ada hikmahnya.

Terima semua itu dengan pasrah dan ikhlas.

Terima sepenuhnya apa yang ditakdirkan Tuhan terhadap Anda di masa lalu.

Lepaskan semua beban perasaan Anda.

Alhamdulillah. .
Ucapkan rasa syukur kepada Allah..

Mau masuk surga? Amalkan amal ringan sebelum tidur ini. Ringan bukan berarti mudah dilakukan, namun tidak mengharuskan kondisi fisik tertentu, bahkan bisa sambil berbaring.

Maafkan setiap orang dan bersihkan diri dari segala rasa iri. Tidurlah setiap malam dalam kondisi tanpa dendam dan tanpa rasa iri. Insya Allah surga menanti.

Berdo’alah kepada Allah:

رَبَّنَا اغْفِرْ لَنَا وَلِإِخْوَانِنَا الَّذِينَ سَبَقُونَا بِالْإِيمَانِ وَلَا تَجْعَلْ فِي قُلُوبِنَا غِلًّا لِلَّذِينَ آَمَنُوا رَبَّنَا إِنَّكَ رَءُوفٌ رَحِيمٌ

“Ya Rabb kami, beri ampunlah kami dan saudara-saudara kami yang telah beriman lebih dulu dari kami, dan janganlah Engkau membiarkan kedengkian dalam hati kami terhadap orang-orang yang beriman; Ya Rabb kami, Sesungguhnya Engkau Maha Penyantun lagi Maha Penyayang”. (QS. Al Hasyr: 10)

hhttp:/pijarpsikologi.org

Pengaruh Tilawah terhadap kesehatan tubuh

Penjelasan Ilmiah

Pengaruh Tilawah terhadap kesehatan tubuh

Bukti2 ilmiah Al Qur’an sudah nampak di akhir zaman ini, kemukzijatan Al Qur’an sudah di ketahui dunia saat ini, dan membuat mereka para saintific terpesona atas keilmiahan dan kemukjizatan Al Qur’an tersebut.

Prof. Dr. dr Suzane moore PhD telah merilis dalam journalnya, ia berkata : ini sebuah kitab yg menakjubkan karena terbukti kemukjizatannya, ia telah memperlihatkan bagaimana Al Qur’an merupakan sebuah obat penyakit manusia.

Suara yang keluar dari tilawah seseorang akan melayang ke udara dan kemudian masuk melewati telinga dan seterusnya di serap oleh tubuh, kemudian ia masuk ke sel-sel yang ada dalam tubuh kita. Suara yg terdengar dgn irama dan frekuensi tertntu mengandung informasi spesifik sehingga dapat memberi rangsangan kepada sel-sel dalam tubuh kita.

Al Qur’an yg tersusun secara sistematik dengan irama yang indah karena bacaan yang tartil dan pengulangan kata-katanya sungguh menakjubkan karena ia membuat sel-sel dalam tubuh kita bisa melawan penyakit-penyakit yg berbahaya, dg bahsa yg menyentuh, ternyata mengandung informasi spesifik pada setiap ayat-ayatnya. Dengan informasi yg spesifik ini bisa membuat sel-sel yang sakit menjadi sembuh.

Hasil penelitian terkini seperti yang di ungkapkan Prof. Dr. dr. Abraham nicole PhD, bahwa sel-sel darah merah yang telah di bacakan ayat-ayat Al Qur’an dengan bacaan tartil artinya bacaan yg indah dengan memakai kaidah Tahsin Tajwid, ia memperlihatkan respon tertentu. Sehingga sel-sel kankerpun bunuh diri. Bahkan virus auto imunpun lenyap. Terbukti dari hasil penelitian Prof. Dr. dr Victor Iron PhD USA

Penelitian lainnya membuktikan bahwa sel-sel kanker ganas menjadi normal kembali dengan bacaan ayat-ayat Al Qur’an.

Di samping itu penelitian memperlihatkan bahwa media yang paling baik untuk informasi Al Qur’an adalah Air putih, Madu, minyak zaitun, air zam-zam dan makanan alami yang sangat banyak ragamnya di dunia ini, ia bisa menjadi media informasi gelombang energi dari sebuah bacaan Al Qur’an.

Inilah Manfaat Membaca Al-Qur’an bagi Kesehatan

Menurut sebuah survey yang dilakukan oleh dr. Al-Qodhi di Klinik Besar Florida, Amerika Serikat, berhasil membuktikan hanya dengan mendengarkan ayat suci Al-Qur’an, baik mereka yg mengerti bahasa Arab atau tidak, ternyata memberikan perubahan fisiologis yang sangat besar. Termasuk salah satunya dapat menangkal berbagai macam penyakit.

Hal tsb dikuatkan lagi oleh Penemuan Muhammad Salim yang dipublikasikan Universitas Boston.

Mengapa di dalam Islam, ketika kita mengaji disarankan untuk bersuara? Minimal untuk diri sendiri alias terdengar oleh telinga kita.

Berikut penjelasanya :

Setiap sel di dalam tubuh kita bergetar di dalam sebuah sistem yang seksama, dan perubahan sekecil apapun dalam getaran ini akan menimbulkan potensi penyakit di berbagai bagian tubuh…

Nah… Sel-sel yang rusak ini harus digetarkan kembali untuk mengembalikan keseimbangannya.

Hal tersebut artinya harus dengan suara. Maka munculah TERAPI SUARA yang ditemukan oleh dr. Alfred Tomatis, seorang dokter di Perancis.

Sementara dr. Al-Qodhi menemukan, bahwa
MEMBACA AL-QUR’AN DENGAN BERSUARA, Memberikan pengaruh yang luar biasa terhadap sel-sel otak untuk mengembalikan keseimbangannya.

Penelitian berikutnya membuktikan Sel Kanker dapat hancur dengan menggunakan FREKUENSI SUARA saja.

Dan kembali terbukti bahwa, Membaca Al-Qur’an memiliki dampak hebat dalam proses penyembuhan penyakit sekaliber kanker.

Virus dan kuman berhenti bergetar saat dibacakan ayat suci Al-Qur’an, dan di saat yang sama , sel-sel sehat menjadi aktif.

Mengembalikan keseimbangan program yang terganggu tadi.
Silakan dilihat QS. Al-Isro’ ayat 82

Dan yang lebih menguatkan supaya diri ini semakin rajin dan giat membaca Al-Qur’an adalah karena menurut survei :

SUARA YANG PALING MEMILIKI PENGARUH KUAT TERHADAP SEL-SEL TUBUH, ADALAH SUARA SI PEMILIK TUBUH ITU SENDIRI.
Lihat QS. 7 ayat 55 dan QS. 17 ayat 10.

Mengapa Sholat berjama’ah lebih di anjurkan?.
Karena ada do’a yg dilantunkan dengan keras, sehingga terdengar oleh telinga, dan ini bisa mengembalikan sistem yang seharian rusak.

Mengapa dalam Islam mendengarkan lagu hingar bingar tidak dianjurkan?
Karena survei membuktikan, bahwa getaran suara hingar bingar MEMBUAT TUBUH TIDAK SEIMBANG.

Maka kesimpulannya adalah :

1. Bacalah Al-Qur’an di pagi hari dan malam hari sebelum tidur untuk mengembalikan sistem tubuh kembali normal.

2. Kurangi mendengarkan musik hingar bingar, ganti saja dengan murotal yang jelas-jelas memberikan efek menyembuhkan.
Siapa tau kita punya potensi terkena kanker, tapi karena rajin mendengarkan murotal, penyakit tersebut bisa hancur sebelum terdeteksi.

3. Perbaiki baca Al-Qur’an (baca dengan tartil, penuhi Hukum Tajwid), karena efek suara kita sendirilah yang paling dasyat dalam penyembuhan.

Dengan hanya tilawah yg baik dan Tartil Tajwid Tahsin maka kesehatanmu akan terjaga.
InsyaAllah…

🌷salam ukhuwah🌷
🏵pecinta ayat-ayat Qur’an🏵
By.A. HABIBY.

Keutamaan Surat Al Baqarah

*” Dahsyatnya Surat Al-Baqarah “*

Surat al-Baqarah adalah surat kedua urutannya setelah surat al-Fatihah dalam jajaran Mushhaf al-Qur’an. Semua ayat yang ada dalam surat al-Baqarah turun setelah Rasulullah hijrah dari Mekkah ke Madinah (turun di Madinah), kecuali ayat 281 yang turun di Mina ketika Rasulullah berhaji Wada’ (perpisahan), sehingga para ulama’ mengkategorikan surat al-Baqarah sebagai surat Madaniyah. Imam ‘Ikrimah berkata, “Surat yang pertama kali turun di Madinah adalah surat al-Baqarah.” (Kitab Asbabun Nuzul lil Wahidi an-Naisaburi: 11).

Surat al-Baqarah terdiri dari 286 ayat, ia adalah surat yang paling panjang di antara surat-surat lainnya. Dan di dalamnya ada ayat yang paling panjang dibanding ayat-ayat lain yang ada dalam al-Qur’an, yaitu ayat ke-281. Di dalamnya juga ada ayat yang sangat ‘ditakuti’ syetan, yaitu ayat Kursi, ayat ke-255. Di penutupan surat al-Baqarah adalah dua ayat yang sangat kuat untuk memprotek kita dari segala macam kejahatan malam, yaitu ayat ke-285-286). Rasulullah menyebut surat ini sebagai ‘Sanamul Qur’an’ (Punuk/ puncak al-Qur’an).

Kandungan surat al-Baqarah

Surat ini di namakan surat al-Baqarah karena di dalamnya ada kisah ‘al-Baqarah’ (seekor sapi). Yang menceritakan perintah Allah kepada nabi Musa untuk kaum Bani Israil agar menyembelih seekor sapi untuk menyingkap kasus pembunuhan yang pelakunya masih misteri. Setelah mereka menyembelih sapi tersebut, mereka disuruh memukul mayat si korban pembunuhan dengan salah satu bagian anggota tubuh sapi, dan hiduplah kembali korban tersebut dengan izin Allah, sehingga dia bisa memberitahu kepada khalayak tentang siapa pembunuhnya. Sungguh merupakan kisah detektif yang luar biasa, sarat nilai mukjizat.

Surat al-Baqarah mengandung banyak hukum-hukum dalam syari’at Islam. Misalnya; hukum qisas, perkara yang halal dan yang haram, hukum arak dan judi, hukum riba, hutang piutang, wasiat kepada dua orang tua dan kaum kerabat, hukum sumpah, hukum sihir, hukum merubah kitab-kitab Allah, hukum haidh, ‘iddah, thalaq, khulu’, ilaa’ dan hukum susuan, hukum melamar, memberi mahar, larangan mengawini wanita musyrik, hukum berperang. Dan surat ini juga mengandung perintah. Seperti; mengerjakan shalat, menunaikan zakat, berpuasa, melaksanakan haji dan umrah, bernafkah di jalan Allah, menyantuni anak yatim, menjaga dan menyampaikan amanah, dan yang lainnya.

Fadhilah Surat al-Baqarah

Keutamaan (Fadhilah) surat al-Baqarah sangat banyak sekali. Siapa yang membaca, memahami dan mengamalkannya akan mendapatkan limpahan berkah, pahala dan keutamaan yang tiada taranya dari Allah. Di samping pahala yang banyak yang bisa kita dapatkan, surat al-Baqarah juga merupakan senjata yang sangat ampuh bagi kita untuk menghadapi musuh utama (Iblis dan bala tentaranya) bila kita membacanya. Sehingga pantaslah Rasulullah menyatakan bahwa orang yang meninggalkan surat al-Baqarah dalam hidupnya, maka ia pasti dalam kerugian. Apa saja keutamaan surat al-Baqarah? Mari kita simak dengan seksama.

Rasulullah berpesan kepada kita semua, “Bacalah surat al-Baqarah, karena membacanya merupakan keberkahan dan meninggalkannya adalah penyesalan (kerugian), dan para tukang sihir tak akan mampu membahayakan (pembaca) nya.”. (HR. Muslim).

Abu Hurairah berkata, “Rasulullah SAW pernah mengutus utusan yang banyak jumlahnya, lalu beliau memilih pemimpin di antara mereka dengan cara undian. Dikumpulkanlah beberapa orang yang punya hafalan dari al-Qur’an. Dari undian itu, terpilihlah seseorang yang paling muda umurnya. Rasulullah bertanya kepadanya, “Surat apa saja yang kamu hafal? Dia menjawab, “Saya hafal surat ini dan itu serta surat al-Baqarah.” Beliau menegaskan, “Kamu hafal surat al-Baqarah?” “Ya”, jawabnya. Lalu beliau bersabda, “Kalau begitu, berangkatlah kalian dan kamulah pemimpin mereka.” (HR. Tirmidzi dan ia menghasankannya).

Al-Baqarah untuk Penjagaan

Abu Hurairah berkata: Rasulullah saw. bersabda, “Janganlah kalian menjadikan rumah laksana kuburan, karena sesungguhnya rumah yang di dalamnya dibacakan surat al-Baqarah tidak akan dimasuki syetan.” (HR. Tirmidzi, dan ia menyatakan hadits ini hasan shahih).

Abu Mas’ud al-Anshari berkata: Rasulullah bersabda, “Barangsiapa membaca dua ayat terakhir dari surat al-Baqarah di malam hari, maka cukuplah baginya untuk melindungi (dari marabahaya).” (HR. Bukhari dan Muslim).
Dalam riwayat lain, Rasulullah membenarkan pernyataan penampakan syetan yang disampaikan ke Abu Hurairah, “Apabila kamu merebahkan diri di pembaringan, maka bacalah ayat Kursi. Karena dengan begitu malaikat Allah akan senantiasa menjagamu, dan syetan tidak akan mendekatimu sampai pagi.” (HR. Bukhari).

Al-Baqarah untuk Pengusiran

Abu Hurairah berkata: Rasulullah saw. bersabda, “Janganlah kalian menjadikan rumah laksana kuburan, karena sesungguhnya syetan akan lari (kabur) dari rumah yang di dalamnya dibacakan surat al-Baqarah.” (HR. Muslim).
‘Abdullah bin Mas’ud, ia berkata: Rasulullah saw. bersabda: “Semoga aku tidak mendapatkan salah seorang di antara kalian meletakkan salah satu kakinya di atas kakinya yang lain, sambil bernyanyi dan meninggalkan surat al-Baqarah tanpa membacanya. Sesungguhnya syetan akan lari dari rumah yang dalamnya dibacakan surat al-Baqarah. Sesungguhnya rumah yang kosong adalah rumah yang hampa dari kitab Allah (al-Quran).” (HR. an-Nasai).
Abu Hurairah berkata: Rasulullah saw. bersabda, “Dalam surat al-baqarah ada ayat yang dinamakan tuan (penghulu) ayat al-Qur’an, yaitu ayat Kursi. Tidaklah ayat itu dibaca di dalam rumah yang ada syetannya (jin pengganggu), kecuali syetan itu akan keluar darinya.” (HR. Hakim dan ia menshahihkannya).

Al-Baqarah untuk Penyembuhan

Ubay bin Ka’ab berkata, “Aku pernah bersama Rasulullah, lalu datanglah orang Badui dan berkata, “Wahai Nabi Allah, aku punya saudara laki-laki yang sedang sakit.” Beliau bertanya, “Apa sakitnya?” Dia menjawab, “Linglung (gila)”. Beliau bersabda, “Bawa dia kemari”. Lalu ia dibawa ke hadapan Rasulullah. Dan Rasulullah meruqyahnya dengan membaca al-Fatihah, empat ayat pertama dari surat al-Baqarah, dua ayat 163 dan 164, ayat Kursi, tiga ayat di akhir surat al-Baqarah, ayat 18 dari surat Ali Imran, ayat 54 dari surat al-A’raf, 4 ayat di akhir surat al-Mukminun, 3 ayat dari surat al-Jin, 10 ayat di awal surat as-Shaffat, 3 ayat di akhir surat al-Hasyr, surat al-Ikhlas, al-Mu’awwidzatain (surat al-Falaq dan an-Nas). Lalu berdirilah laki-laki yang sakit tadi, seakan ia tidak mengalami sakit apapun (dalam keadaan sehat).” (HR. Ahmad).

Penutup

Islam agama yang sempurna. Semua hal yang kita butuhkan dalam hidup ini untuk menggapai kebahagiaan dunia dan akhirat ada. Allah telah mengajarkannya kepada kita melalui Rasul-Nya. Termasuk untuk menghadapi bahaya dan kejahatan syetan (jin pengganggu). Salah satunya adalah dengan membaca surat al-Baqarah.

Dewasa ini banyak ummat Islam justru mengabaikan ajaran Rasulullah ini, beralih ke ajaran dukun (orang pinter dan paranormal). Untuk menghadapi kejahatan syetan, mereka lebih percaya pada dukun, yang notabene telah diharamkan dalam Islam karena sarat penyimpangan dan kesyirikan. Bahkan terkadang mereka harus bayar puluhan juta rupiah untuk memanggil dukun guna mengusir jin jahat dari dalam rumah, atau memburu mereka dan memasukkannya ke botol. Ironis memang, sesat mau bayar mahal. Kalau infaq di jalan Allah (sedekah) sedikit.

Semoga kita dan keluarga tercinta selalu dilindungi Allah dari berbagai macam gangguan syetan. Dan jika di antara mereka ada yang sakit atau dalam gangguan syetan, semoga Allah segera menyembuhkannya. Mari kita ikuti perintah Allah dan sunnah Rasul-Nya, agar syetan menjauh dari kehidupan kita semua.

Wallohu ‘alam.

Keutamaan dan keagungan surat Al-Baqarah dan Ali Imran

Bagi para penuntut ilmu yang tidak menghapal seluruh AlQur’an maka hendaknya menghapal 2 surat ini, karena pahala dan kandungan hukum yang begitu banyak pada keduanya

Surat al-Baqarah adalah surat kedua urutannya setelah surat al-Fatihah dalam jajaran Mushhaf al-Qur’an. Semua ayat yang ada dalam surat al-Baqarah turun setelah Rasulullah hijrah dari Mekkah ke Madinah (turun di Madinah), kecuali ayat 281 yang turun di Mina ketika Rasulullah berhaji Wada’ (perpisahan), sehingga para ulama’ mengkategorikan surat al-Baqarah sebagai surat Madaniyah. Imam ‘Ikrimah berkata, “Surat yang pertama kali turun di Madinah adalah surat al-Baqarah.” (Kitab Asbabun Nuzul lil Wahidi an-Naisaburi: 11). [hhttp://almanar.co.id/takiyatun-nafs/dahsyatnya-surat-al-baqarah.html#]

Keutamaan kedua surat tersebut adalah sebagai berikut:

Salah satu dari tujuh surah terpanjang yang menempati kedudukan Taurat

Dari Watsilah bin Al-Asqa’ radhiyallahu ‘anhu; Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

” أُعْطِيتُ مَكَانَ التَّوْرَاةِ السَّبْعَ، وَأُعْطِيتُ مَكَانَ الزَّبُورِ الْمَئِينَ ، وَأُعْطِيتُ مَكَانَ الْإِنْجِيلِ الْمَثَانِيَ ، وَفُضِّلْتُ بِالْمُفَصَّلِ ” [مسند أحمد: صححه الألباني]

“Aku diberi As-Sab’ (tujuh surah terpanjang dalam Al-Qur’an) sebagai pengganti Taurat, dan aku diberi Al-Maiin (surah-surah yang jumlah ayatnya seratus atau mendekati) sebagai pengganti Zabur, dan aku diberi Al-Matsaniy (surah-surah antara Al-Maiin dan Al-Mufashshal) sebagai pengganti Injil, dan aku diberi kelebihan dengan Al-Mufashshal (surah Qaaf sampai surah An-Naas)”. [Musnad Ahmad: Sahih]

Tujuh surah yang terpanjang dalam Al-Qur’an: Al-Baqarah, Ali ‘Imran, An-Nisaa’, Al-Maidah, Al-An’aam, Al-A’raaf, dan Yunus.

Menghafalnya lebih baik

Dari Aisyah radhiyallahu ‘anha; Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

” مَنْ أَخَذَ السَّبْعَ الْأُوَلَ مِنَ الْقُرْآنِ، فَهُوَ حَبْرٌ ” [مسند أحمد: حسنه الألباني]

“Barangsiapa yang menghafal tujuh surah terpanjang dari Al-Qur’an maka itu lebih baik”. [Musnad Ahmad: Hasan]

Dan 3. Terdapat nama Allah yang paling agung, jika dipakai berdo’a maka akan dikabulkan

Dari Abu Umamah radhiyallahu ‘anhu; Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallambersabda:

” اسْمُ اللهِ الْأَعْظَمُ الَّذِي إذَا دُعِيَ بِهِ أَجَابَ فِي سُوَرٍ ثَلَاثٍ الْبَقَرَةِ وَآلِ عِمْرَانَ وَطه ” [شرح مشكل الآثار: حسنه الألباني]

“Nama Allah yang paling agung yang jika dipakai berdo’a maka akan dikabulkan ada di tiga surah: Al-Baqarah, Ali ‘Imran, dan Thahaa”. [Syarh Musykil Al-Atsaar: Hasan]

Dari Asma’ binti Yaziid radhiyallahu ‘anha; Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

” اسْمُ اللَّهِ الْأَعْظَمُ فِي هَاتَيْنِ الْآيَتَيْنِ {وَإِلَهُكُمْ إِلَهٌ وَاحِدٌ لَا إِلَهَ إِلَّا هُوَ الرَّحْمَنُ الرَّحِيمُ} [البقرة: 163]، وَفَاتِحَةِ سُورَةِ آلِ عِمْرَانَ: {الم اللَّهُ لَا إِلَهَ إِلَّا هُوَ الْحَيُّ الْقَيُّومُ} [آل عمران: 2] ” [سنن أبي داود: حسنه الألباني]

“Nama Allah yang paling agung ada di dua ayat ini: “Dan Tuhanmu adalah Tuhan yang Maha Esa; tidak ada Tuhan melainkan dia yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang”(Al-Baqarah:163), dan pada pembukaan surah Ali Imran: “Allah, tidak ada Tuhan (yang berhak disembah) melainkan Dia. yang hidup kekal lagi terus menerus mengurus makhluk-Nya” (Ali Imran:2). [Sunan Abu Daud: Hasan]

dan 5. Yang menghafalnya akan memeroleh kedudukan yang tinggi dan berhak menjadi pemimpin

Anas radhiyallahu ‘anhu berkata:

كَانَ الرَّجُلُ إِذَا قَرَأَ: الْبَقَرَةَ، وَآلَ عِمْرَانَ، جَدَّ فِينَا – يَعْنِي عَظُمَ [مسند أحمد: صحيح]

Dulu jika seseorang menghafal surah Al-Baqarah dan Ali Imran maka ia sangat mulia di sisi kami. [Musnad Ahmad: Sahih]

Usman bin Abi Al-‘Ash radhiyallahu ‘anhu berkata:

استعملني رسول الله صلى الله عليه وسلم وأنا أصغر الستة الذين وفدوا عليه من ثقيف ، وذلك أني كنت قرأت سورة البقرة [دلائل النبوة للبيهقي: حسن]

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam menjadikanku pemimpin padahal aku adalah yang paling muda dari enam orang yang menemui Rasulullah dari kaum Tsaqiif. Itu karena sesungguhnya aku telah menghafal surah Al-Baqarah. [Dalail An-Nubuwah karya Al-Baihaqiy: Hasan]

Berkah; 7. Pelindung dan pembela di hari kiamat; 8. Penangkal sihir

Dari Abu Umamah radhiyallahu ‘anhu; Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallambersabda:

«اقْرَءُوا الْقُرْآنَ فَإِنَّهُ يَأْتِي يَوْمَ الْقِيَامَةِ شَفِيعًا لِأَصْحَابِهِ، اقْرَءُوا الزَّهْرَاوَيْنِ الْبَقَرَةَ، وَسُورَةَ آلِ عِمْرَانَ، فَإِنَّهُمَا تَأْتِيَانِ يَوْمَ الْقِيَامَةِ كَأَنَّهُمَا غَمَامَتَانِ، أَوْ كَأَنَّهُمَا غَيَايَتَانِ، أَوْ كَأَنَّهُمَا فِرْقَانِ مِنْ طَيْرٍ صَوَافَّ، تُحَاجَّانِ عَنْ أَصْحَابِهِمَا، اقْرَءُوا سُورَةَ الْبَقَرَةِ، فَإِنَّ أَخْذَهَا بَرَكَةٌ، وَتَرْكَهَا حَسْرَةٌ، وَلَا تَسْتَطِيعُهَا الْبَطَلَةُ». [صحيح مسلم]

“Bacalah Al-Qur’an karena ia datang di hari kiamat sebagai pembela bagi yang membacanya. Bacalah Az-Zahrawain (dua cahaya) yaitu surah Al-Baqarah dan Ali ‘Imran, karena keduanya datang di hari kiamat seperti dua awan putih atau dua naungan atau dua kerumunan burung sebagai pembela bagi yang membacanya. Bacalah surah Al-Baqarah, karena membacanya adalah berkah, meninggalkannya adalah kerugian, dan tidak mampu dilawan oleh penyihir“. [Sahih Muslim, no. 1337]

Dari An-Nawwas bin Sam’aan Al-Kilaabiy radhiyallahu ‘anhu; Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

«يُؤْتَى بِالْقُرْآنِ يَوْمَ الْقِيَامَةِ وَأَهْلِهِ الَّذِينَ كَانُوا يَعْمَلُونَ بِهِ تَقْدُمُهُ سُورَةُ الْبَقَرَةِ، وَآلُ عِمْرَانَ»

“Al-Qur’an didatangkan pada hari kiamat bersama orang-orang yang mengamalkannya di dunia didahului oleh surah Al-Baqarah dan Ali ‘Imran“

An-Nawwas berkata: Dan Rasulullah memberi tiga perumpamaan yang aku belum lupa, Rasulullah bersabda:

«كَأَنَّهُمَا غَمَامَتَانِ، أَوْ ظُلَّتَانِ سَوْدَاوَانِ بَيْنَهُمَا شَرْقٌ، أَوْ كَأَنَّهُمَا حِزْقَانِ مِنْ طَيْرٍ صَوَافَّ، تُحَاجَّانِ عَنْ صَاحِبِهِمَا» [صحيح مسلم]

“Keduanya seperti dua awan putih atau dua naungan hitam diantara keduanya ada cahaya, atau keduanya seperti dua kerumunan burung yang melebarkan sayapnya, keduanya datang membela orang yang mengamalkannya“. [Sahih Muslim, no. 1338]

Dari Buraidah radhiyallahu ‘anhu; Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

” تَعَلَّمُوا الْبَقَرَةَ ؛ فَإِنَّ أَخْذَهَا بَرَكَةٌ، وَتَرْكَهَا حَسْرَةٌ، وَلَا يَسْتَطِيعُهَا الْبَطَلَةُ . تَعَلَّمُوا الْبَقَرَةَ، وَآلَ عِمْرَانَ ؛ فَإِنَّهُمَا هُمَا الزَّهْرَاوَانِ يَجِيئَانِ يَوْمَ الْقِيَامَةِ كَأَنَّهُمَا غَمَامَتَانِ أَوْ غَيَايَتَانِ أَوْ كَأَنَّهُمَا فِرْقَانِ مِنْ طَيْرٍ صَوَافَّ تُجَادِلَانِ عَنْ صَاحِبِهِمَا ” [مسند أحمد: صحيح]

“Pelajarilah surah Al-Baqarah, karena menguasainya adalah berkah dan meninggalkannya adalah kerugian, dan tidak mampu dilawan oleh penyihir. Pelajarilah surah Al-Baqarah dan Ali ‘Imran, karena keduanya adalah cahaya yang datang di hari kiamat, keduanya seperti dua awan putih atau dua naungan atau keduanya seperti kumpulan burung yang berkumpul membentangkan sayap, keduanya membela orang yang menguasai kedua surah itu“. [Diriwayatkan oleh Ahmad (hadis no. 21872 dan 21897) serta ad-Darimi (hadis no. 3257 : Sahih] [hhttp://umar-arrahimy.blogspot.co.id/2013/02/keutamaan-surah-al-baqarah.html]

Adapun khusus terkait Surat Ali ‘Imran, disunnahkan membaca ayat ke: 190-200 pada saat bangun tidur (HR. Bukhari dalam Fathul Bari: VIII/237 dan Muslim: I/530) [hhttp://www.loveislam.co.vu/2015/04/keutamaan-ayat-ayat-al-quran-yang.html]

Al-Baqarah secara terpisah

Banyak dalil yang menyebutkan keutamaan Surat Al-Baqarah secara terpisah. Keutamaan-keutamaan tersebut antara lain sebagai berikut:

Malaikat turun mendengarkan

Dari Usaid bin Hudhair radhiyallahu ‘anhu; Ketika ia membaca surah Al-Baqarah di suatu malam tiba-tiba kuda yang terikat di sampingnya bergerak. Maka ia diam dan kudanya pun diam. Kemudian ia membaca lagi dan kudanya bergerak lagi, lalu ia diam dan kudanya pun diam lagi. Kemudian ia membaca lagi dan kudanya bergerak lagi maka ia beranjak. Dan saat itu anaknya yang bernama Yahya dekat darinya dan ia khawatir akan mengenainya. Ketika ia memindahkan anaknya ia mengangkat kepalanya ke langit sampai ia tidak melihatnya. Pada pagi harinya ia menceritakan kejadian tersebut kepada Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam, dan Rasulullah berkata:

اقْرَأْ يَا ابْنَ حُضَيْرٍ، اقْرَأْ يَا ابْنَ حُضَيْرٍ،

“Bacalah wahai Ibnu Hudhair, bacalah wahai Ibnu Hudhair”

Usaid bekata: Aku khawatir ya Rasulullah kuda itu akan menginjak Yahya karena ia dekat darinya, lalu aku mengankat kepala ke langit dan aku beranjak menujunya, kemudian aku mengangkat kepala ke langit dan aku melihat seperti naungan yang ada seperti lampu, lalu aku keluar sampai aku tidak melihatnya lagi.

Rasulullah berkata:

«وَتَدْرِي مَا ذَاكَ؟»

“Tahukah kamu apa itu?”

Usaid menjawab: Tidak!

Rasulullah bersabda:

«تِلْكَ المَلاَئِكَةُ دَنَتْ لِصَوْتِكَ، وَلَوْ قَرَأْتَ لَأَصْبَحَتْ يَنْظُرُ النَّاسُ إِلَيْهَا، لاَ تَتَوَارَى مِنْهُمْ» [صحيح البخاري ومسلم]

“Itu adalah malaikat yang turun untuk mendengar suaramu, dan seandainya engkau membacanya terus maka orang-orang akan melihatnya di pagi hari dan tidak terhalang dari mereka” (Sahih Bukhari dan Muslim) [hhttp://umar-arrahimy.blogspot.co.id/2013/02/keutamaan-surah-al-baqarah.html]

Pengusir setan

حَدَّثَنَا قُتَيْبَةُ بْنُ سَعِيدٍ حَدَّثَنَا يَعْقُوبُ وَهُوَ ابْنُ عَبْدِ الرَّحْمَنِ الْقَارِيُّ عَنْ سُهَيْلٍ عَنْ أَبِيهِ عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ
أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ لَا تَجْعَلُوا بُيُوتَكُمْ مَقَابِرَ إِنَّ الشَّيْطَانَ يَنْفِرُ مِنْ الْبَيْتِ الَّذِي تُقْرَأُ فِيهِ سُورَةُ الْبَقَرَةِ

Telah menceritakan kepada kami Qutaibah bin Sa’iid, telah menceritakan kepada kami Ya’quub -dia adalah Ibnu ‘Abdurrahman Al-Qaariy-, dari Suhail, dari Ayahnya, dari Abu Hurairah, bahwa Rasulullah Shallallaahu ‘alaihi wasallam bersabda, “Janganlah kalian jadikan rumah-rumah kalian seperti kuburan, sesungguhnya syetan lari dari rumah yang dibacakan surat Al-Baqarah di dalamnya.” [Shahiih Muslim no. 782; Sunan Abu Daawud no. 2042; Jaami’ At-Tirmidziy no. 2877; Musnad Ahmad no. 7762] (hhttps://muhandisun.wordpress.com/2013/08/04/hadits-hadits-shahih-dan-hasan-keutamaan-beberapa-surat-al-quran/)

Puncak Al-Qur’an

Dari Abdullah bin Mas’ud radhiyallahu ‘anhu; Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallambersabda:

«إِنَّ لِكُلِّ شَيْءٍ سَنَامًا وَسَنَامُ الْقُرْآنِ سُورَةُ الْبَقَرَةِ، وَإِنَّ الشَّيْطَانَ إِذَا سَمِعَ سُورَةَ الْبَقَرَةِ تُقْرَأُ خَرَجَ مِنَ الْبَيْتِ الَّذِي يُقْرَأُ فِيهِ سُورَةُ الْبَقَرَةِ» [المستدرك على الصحيحين للحاكم: حسنه الألباني]

“Sesungguhnya segala sesuatu punya puncak, dan puncak Al-Qur’an adalah surah Al-Baqarah, dan sesungguhnya setan jika mendengar surah Al-Baqarah dibaca maka ia akan keluar dari rumah yang dibaca di dalamnya surah Al Baqarah”. [Mustadrak Al-Hakim: Hasan]

Video terkait keutamaan membaca Surat Al-Baqarah secara umum, misalnya: hhttps://www.youtube.com/watch?v=Rdb94AUteIw

Di dalam surat Al-Baqarah juga terdapat Ayat Al-Kursiy (Al-Baqarah ayat 255) dan 2 ayat terakhir yang mempunyai keutamaan sangat banyak.

Berikut ini adalah keutamaan-keutamaan Ayat Al-Kursiy (Al-Baqarah ayat 255)

Ayat yang paling agung karena mengandung sifat-sifat Allah yang mulia

Dari Ubaiy bin Ka’b radhiyallahu ‘anhu; Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bertanya kepadanya:

«يَا أَبَا الْمُنْذِرِ، أَتَدْرِي أَيُّ آيَةٍ مِنْ كِتَابِ اللهِ مَعَكَ أَعْظَمُ؟»

“Wahai Abu Al-Mundzir, apakah kamu tahu ayat apa dari kitabullah yang kamu hafal yang paling agung?”

Ubaiy menjawab: Allah dan Rasul-Nya lebih tahu.

Rasulullah beratanya lagi:

«يَا أَبَا الْمُنْذِرِ أَتَدْرِي أَيُّ آيَةٍ مِنْ كِتَابِ اللهِ مَعَكَ أَعْظَمُ؟»

“Wahai Abu Al-Mundzir, apakah kamu tahu ayat apa dari kitabullah yang kamu hafal yang paling agung?”

Ubaiy menjawab:

{اللهُ لَا إِلَهَ إِلَّا هُوَ الْحَيُّ الْقَيُّومُ} [البقرة: 255]

Allah, tidak ada Tuhan (yang berhak disembah) melainkan dia yang hidup kekal lagi terus menerus mengurus (makhluk-Nya) … [Al-Baqarah:255]

Maka Rasulullah menepuk dada Ubaiy dan berkata:

«وَاللهِ لِيَهْنِكَ الْعِلْمُ أَبَا الْمُنْذِرِ» [صحيح مسلم]

“Demi Allah, Allah memudahkan ilmu untukmu wahai Abu Al-Mundzir”. [Sahih Muslim]

Dalam riwayat lain:

” لِيَهْنِكَ الْعِلْمُ أَبَا الْمُنْذِرِ، وَالَّذِي نَفْسِي بِيَدِهِ إِنَّ لَهَا لِسَانًا وَشَفَتَيْنِ تُقَدِّسُ الْمَلِكَ عِنْدَ سَاقِ الْعَرْشِ ” [مسند أحمد: صحيح]

“Semoga ilmu dimudahkan untukmu wahai Abu Al-Mundzir, dan demi jiwaku di tangan-Nya sesungguhnya ayat itu memiliki lidah dan dua bibir senantiasa mensucikan Allah di kaki Al-‘Arsy“. [Musnad Ahmad: Sahih]

Dari Ibnu Al-Asqa’ radhiyallahu ‘anhu; Suatu hari Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam mendatangi suffah (tempat orang miskin) kaum Muhajirin, lalu seorang menanyai Rasulullah: Ayat apa dalam Al-Qur’an yang paling agung?

Rasulullah menjawab:

” {اللَّهُ لَا إِلَهَ إِلَّا هُوَ الْحَيُّ الْقَيُّومُ لَا تَأْخُذُهُ سِنَةٌ وَلَا نَوْمٌ} [البقرة: 255] ” [سنن أبي داود: صححه الألباني]

“Allah, tidak ada Tuhan (yang berhak disembah) melainkan dia yang hidup kekal lagi terus menerus mengurus (makhluk-Nya); tidak mengantuk dan tidak tidur …”. [Al-Baqarah:255] [Sunan Abu Daud: Sahih]

[hhttp://umar-arrahimy.blogspot.co.id/2013/02/keutamaan-surah-al-baqarah.html]

Syaikh As-Sa’di rahimahullah menjelaskan (Tafsir Karimir Rahman, Syaikh As-Sa’di, Tafsir Al-Baqarah 255) bahwa ayat yang mulia ini merupakan ayat Al-Qur-an yang paling agung, paling utama, dan paling mulia. Hal ini karena ayat ini mengandung penjelasan perkara-perkara yang agung dan sifat-sifat Allah yang mulia. (hhttp://www.loveislam.co.vu/2015/04/keutamaan-ayat-ayat-al-quran-yang.html)

Baca ayat Al-Kursiy setelah salat fardhu penyebab masuk surga

أَخْبَرَنَا الْحُسَيْنُ بْنُ بِشْرٍ، بِطَرَسُوسَ، كَتَبْنَا عَنْهُ، قَالَ: حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ حِمْيَرٍ، قَالَ: حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ زِيَادٍ، عَنْ أَبِي أُمَامَةَ، قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صلى الله عليه وسلم: ” مَنْ قَرَأَ آيَةَ الْكُرْسِيِّ فِي دُبُرِ كُلِّ صَلاةٍ مَكْتُوبَةٍ لَمْ يَمْنَعْهُ مِنْ دُخُولِ الْجَنَّةِ إِلا أَنْ يَمُوتَ

Telah mengkhabarkan kepada kami Al-Husain bin Bisyr -di Tharsus, kami mencatat darinya-, ia berkata, telah menceritakan kepada kami Muhammad bin Himyar, ia berkata, telah menceritakan kepada kami Muhammad bin Ziyaad, dari Abu Umaamah -radhiyallahu ‘anhu-, ia berkata, Rasulullah Shallallaahu ‘alaihi wasallam bersabda, “Barangsiapa yang membaca ayat Kursi pada tiap akhir shalat wajib maka tidak ada yang menghalanginya memasuki surga kecuali kematian.” [Sunan An-Nasaa’iy Al-Kubraa no. 9848] Dihasankan oleh Syaikh Muqbil Al-Waadi’iy rahimahullah dalam Shahiihul Musnad no. 478, dan Al-Haafizh Ibnu Hajar Al-‘Asqalaaniy rahimahullah dalam Nataa’ijul Ifkaar 2/294.

Baca ayat Al-Kursiy sebelum tidur terjaga dari setan

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu; Setan berkata kepadanya:

إِذَا أَوَيْتَ إِلَى فِرَاشِكَ فَاقْرَأْ آيَةَ الكُرْسِيِّ، لَنْ يَزَالَ عَلَيْكَ مِنَ اللَّهِ حَافِظٌ، وَلاَ يَقْرَبُكَ شَيْطَانٌ حَتَّى تُصْبِحَ

Jika kamu beranjak ke tempat tidurmu maka bacalah ayat Al-Kursiy, karena kamu akan selalu mendapat penjagaan dari Allah, dan syaitan tidak akan mendekatimu sampai pagi.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam berkata kepada Abu Hurairah:

«صَدَقَكَ وَهُوَ كَذُوبٌ ذَاكَ شَيْطَانٌ» [صحيح البخاري]

“Ia jujur kepadamu dan ia adalah pembohong, dia itu adalah setan”. (Sahih Bukhari dalam Fathul Bari (IV/487)) [hhttp://umar-arrahimy.blogspot.co.id/2013/02/keutamaan-surah-al-baqarah.html]

Selain itu, juga disunnahkan membaca ayat kursi pada pagi & sore(HR. Al-Hakim (I/562). Dinyatakan shahih oleh Al-Albani dalam Shahih At-Targhib wa At-Tarhib (I/273), dinisbatkan kepada An-Nasa’i dan Ath-Thabrani. Beliau berkata: “Sanad Ath-Thabrani bagus”)), dan setelah shalat fardhu (HR. Thabrani no 7532, dinyatakan shahih oleh Al-Albani)

Adapun keutamaan dua ayat terakhir Al-Baqarah adalah sebagai berikut:

15. Dan 16. Merupakan Cahaya dan Diberi atas do’a yang terkandung dalam 2 ayat tersebut

Ibnu Abbas radiyallahu ‘anhuma berkata: Ketika Jibril ‘alaihissalam duduk di sisi Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam, ia mendengar suara dari atas lalu mengangkat kepalanya dan berkata:

” هَذَا بَابٌ مِنَ السَّمَاءِ فُتِحَ الْيَوْمَ لَمْ يُفْتَحْ قَطُّ إِلَّا الْيَوْمَ “

“Ini adalah suara pintu langit yang dibuka hari ini dan tidak akan dibuka selamanya kecuali hari ini”.

Kemudian turun malaikat, lalu Jibril berkata:

” هَذَا مَلَكٌ نَزَلَ إِلَى الْأَرْضِ لَمْ يَنْزِلْ قَطُّ إِلَّا الْيَوْمَ “

“Ini adalah malaikat yang turun ke bumi dan tidak akan turun kecuali hari ini!”

Lalu malaikat itu memberi salam dan berkata:

” أَبْشِرْ بِنُورَيْنِ أُوتِيتَهُمَا لَمْ يُؤْتَهُمَا نَبِيٌّ قَبْلَكَ: فَاتِحَةُ الْكِتَابِ، وَخَوَاتِيمُ سُورَةِ الْبَقَرَةِ، لَنْ تَقْرَأَ بِحَرْفٍ مِنْهُمَا إِلَّا أُعْطِيتَهُ ” [صحيح مسلم]

“Bergembiralah dengan dua cahaya yang diberikan kepadamu yang tidak diberikan kepada nabi sebelum kamu: Surah Al-Fatihah dan penutup (akhir) surah Al-Baqarah, kamu tidak membacanya kecuali engkau akan diberi (atas do’a yang terkandung dalam ayat-ayat-nya)“. [Sahih Muslim]

Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu berkata: Ketika Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam dituruni ayat:

{لِلَّهِ مَا فِي السَّمَاوَاتِ وَمَا فِي الْأَرْضِ وَإِنْ تُبْدُوا مَا فِي أَنْفُسِكُمْ أَوْ تُخْفُوهُ يُحَاسِبْكُمْ بِهِ اللهُ فَيَغْفِرُ لِمَنْ يَشَاءُ وَيُعَذِّبُ مَنْ يَشَاءُ وَاللهُ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيرٌ} [البقرة: 284]

Kepunyaan Allah-lah segala apa yang ada di langit dan apa yang ada di bumi. dan jika kamu melahirkan apa yang ada di dalam hatimu atau kamu menyembunyikan, niscaya Allah akan membuat perhitungan dengan kamu tentang perbuatanmu itu. Maka Allah mengampuni siapa yang dikehandaki-Nya dan menyiksa siapa yang dikehendaki-Nya; dan Allah Maha Kuasa atas segala sesuatu. [Al-Baqarah:284]

Ayat ini terasa berat bagi sahabat Rasulullah maka mereka mendatangi Rasulullah kemudian belutut dan berkata: Ya Rasulullah kami telah dibebani dengan amalan yang kami mampu seperti salat, puasa, jihad, dan sedekah. Dan engkau telah dituruni ayat ini yang kami tidak mampu menjalankannya.

Rasulullah bersabda:

” أَتُرِيدُونَ أَنْ تَقُولُوا كَمَا قَالَ أَهْلُ الْكِتَابَيْنِ مِنْ قَبْلِكُمْ سَمِعْنَا وَعَصَيْنَا؟ بَلْ قُولُوا: سَمِعْنَا وَأَطَعْنَا غُفْرَانَكَ رَبَّنَا وَإِلَيْكَ الْمَصِيرُ “

Apakah kalian mau mengatakan seperti yang dikatakan oleh umat dua kitab (taurat dan injil) sebelum kalian “kami dengar dan kami membangkang”? Akan tetapi katakanlah:“Kami dengar dan kami taat.” (mereka berdoa): “Ampunilah kami Ya Tuhan kami dan kepada Engkaulah tempat kembali.”

Mereka mengatakan: “Kami dengar dan kami taat.” (mereka berdoa): “Ampunilah kami Ya Tuhan kami dan kepada Engkaulah tempat kembali.”

Setelah mereka menerimanya dan terus mengucapkannya maka Allah menurunkan setelahnya ayat:

{آمَنَ الرَّسُولُ بِمَا أُنْزِلَ إِلَيْهِ مِنْ رَبِّهِ وَالْمُؤْمِنُونَ كُلٌّ آمَنَ بِاللهِ وَمَلَائِكَتِهِ وَكُتُبِهِ وَرُسُلِهِ لَا نُفَرِّقُ بَيْنَ أَحَدٍ مِنْ رُسُلِهِ وَقَالُوا سَمِعْنَا وَأَطَعْنَا غُفْرَانَكَ رَبَّنَا وَإِلَيْكَ الْمَصِيرُ} [البقرة: 285]

Rasul Telah beriman kepada Al Quran yang diturunkan kepadanya dari Tuhannya, demikian pula orang-orang yang beriman. semuanya beriman kepada Allah, malaikat-malaikat-Nya, kitab-kitab-Nya dan rasul-rasul-Nya. (mereka mengatakan): “Kami tidak membeda-bedakan antara seseorangpun (dengan yang lain) dari rasul-rasul-Nya”, dan mereka mengatakan: “Kami dengar dan kami taat.” (mereka berdoa): “Ampunilah kami Ya Tuhan kami dan kepada Engkaulah tempat kembali.” [Al-Baqarah:285]

Setelah mereka melakukan itu, Allah menasakh (menghapuskan hukum) ayat sebelumnya kemudian Allah ‘azza wa jalla menurunkan ayat:

{لَا يُكَلِّفُ اللهُ نَفْسًا إِلَّا وُسْعَهَا لَهَا مَا كَسَبَتْ وَعَلَيْهَا مَا اكْتَسَبَتْ رَبَّنَا لَا تُؤَاخِذْنَا إِنْ نَسِينَا أَوْ أَخْطَأْنَا} [البقرة: 286] ” قَالَ: نَعَمْ “

Allah tidak membebani seseorang melainkan sesuai dengan kesanggupannya. ia mendapat pahala (dari kebajikan) yang diusahakannya dan ia mendapat siksa (dari kejahatan) yang dikerjakannya. (mereka berdoa): “Ya Tuhan kami, janganlah Engkau hukum kami jika kami lupa atau kami tersalah“. [Al-Baqarah:286]

Allah berfirman: “Iya aku kabulkan”.

{رَبَّنَا وَلَا تَحْمِلْ عَلَيْنَا إِصْرًا كَمَا حَمَلْتَهُ عَلَى الَّذِينَ مِنْ قَبْلِنَا} [البقرة: 286] ” قَالَ: نَعَمْ “

“Ya Tuhan kami, janganlah Engkau bebankan kepada kami beban yang berat sebagaimana Engkau bebankan kepada orang-orang sebelum kami“. [Al-Baqarah:286]

Allah berfirman: “Iya aku kabulkan”.

{رَبَّنَا وَلَا تُحَمِّلْنَا مَا لَا طَاقَةَ لَنَا بِهِ} [البقرة: 286] ” قَالَ: نَعَمْ “

“Ya Tuhan kami, janganlah Engkau pikulkan kepada kami apa yang tak sanggup kami memikulnya“. [Al-Baqarah:286]

Allah berfirman: “Iya aku kabulkan”.

{وَاعْفُ عَنَّا وَاغْفِرْ لَنَا وَارْحَمْنَا أَنْتَ مَوْلَانَا فَانْصُرْنَا عَلَى الْقَوْمِ الْكَافِرِينَ} [البقرة: 286] ” قَالَ: نَعَمْ ” [صحيح مسلم]

“Beri ma’aflah kami; ampunilah kami; dan rahmatilah kami. Engkaulah penolong kami, maka tolonglah kami terhadap kaum yang kafir.” [Al-Baqarah:286]

Allah berfirman: “Iya aku kabulkan”. [Sahih Muslim]

17. Diberi pada malam mi’raj ke langit

Abdullah bin Mas’ud radhiyallahu ‘anhu berkata:

” فَأُعْطِيَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ ثَلَاثًا: أُعْطِيَ الصَّلَوَاتِ الْخَمْسَ، وَأُعْطِيَ خَوَاتِيمَ سُورَةِ الْبَقَرَةِ، وَغُفِرَ لِمَنْ لَمْ يُشْرِكْ بِاللهِ مِنْ أُمَّتِهِ شَيْئًا، الْمُقْحِمَاتُ ” [صحيح مسلم]

Pada saat mi’raj di sidratul muntaha Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam diberi tiga hal: Ia diberi salat lima waktu, penutup surah Al-Baqarah, dan diampuni dosa-dosa umatnya yang tidak menyekutukan Allah dengan sesuatu pun. [Sahih Muslim]

18. Rumah dari harta terpendam di bawah Al-Arsy

Dari Abu Dzar dan Hudzaifah radhiyallahu ‘anhuma; Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

“أُعْطِيتُ خَوَاتِيمَ سُورَةِ الْبَقَرَةِ مِنْ كَنْزٍ تَحْتَ الْعَرْشِ، وَلَمْ يُعْطَهُنَّ نَبِيٌّ قَبْلِي ” [مسند أحمد: صححه الألباني]

“Aku diberi penutup surah Al-Baqarah (ayat 285-286) dari harta terpendam di bawah Al-Arsy yang tidak diberikan kepada nabi sebelumku”. [Musnad Ahmad: Sahih] [http://umar-arrahimy.blogspot.co.id/2013/02/keutamaan-surah-al-baqarah.html]

19. Setan menjauh dari rumah yang dibacakan di dalamnya penutup surah Al-Baqarah tiga malam

Berdasarkan hadits:

حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ بَشَّارٍ حَدَّثَنَا عَبْدُ الرَّحْمَنِ بْنُ مَهْدِيٍّ حَدَّثَنَا حَمَّادُ بْنُ سَلَمَةَ عَنْ أَشْعَثَ بْنِ عَبْدِ الرَّحْمَنِ الْجَرْمِيِّ عَنْ أَبِي قِلَابَةَ عَنْ أَبِي الْأَشْعَثِ الْجَرْمِيِّ عَنْ النُّعْمَانِ بْنِ بَشِيرٍ
عَنْ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ إِنَّ اللَّهَ كَتَبَ كِتَابًا قَبْلَ أَنْ يَخْلُقَ السَّمَوَاتِ وَالْأَرْضَ بِأَلْفَيْ عَامٍ أَنْزَلَ مِنْهُ آيَتَيْنِ خَتَمَ بِهِمَا سُورَةَ الْبَقَرَةِ وَلَا يُقْرَأَانِ فِي دَارٍ ثَلَاثَ لَيَالٍ فَيَقْرَبُهَا شَيْطَانٌ

Telah menceritakan kepada kami Muhammad bin Basysyaar, telah menceritakan kepada kami ‘Abdurrahman bin Mahdiy, telah menceritakan kepada kami Hammaad bin Salamah, dari Asy’ats bin ‘Abdurrahman Al-Jarmiy, dari Abu Qilaabah, dari Abul Asy’ats Al-Jarmiy, dari An-Nu’maan bin Basyiir -radhiyallahu ‘anhu-, dari Nabi Shallallaahu ‘alaihi wasallam, beliau bersabda, “Sesungguhnya Allah telah menulis kitab sejak dua ribu tahun sebelum Dia menciptakan langit dan bumi, Allah menurunkan darinya dua ayat yang menjadi penutup surat Al-Baqarah. Tidaklah keduanya dibaca di dalam rumah selama tiga malam kemudian syetan berani mendekatinya.” [Jaami’ At-Tirmidziy no. 2882; Musnad Ahmad no. 17947; Sunan Ad-Daarimiy no. 3387] – Hasan. Dihasankan Al-Haafizh Ibnu Hajar Al-‘Asqalaaniy dalam Nataa’ijul Ifkaar 3/275 serta dishahihkan Syaikh Al-Albaaniy dalam Shahiih At-Targhiib no. 1467.

20. Diberikan kecukupan

Berdasarkan hadits:

حَدَّثَنَا أَبُو نُعَيْمٍ حَدَّثَنَا سُفْيَانُ عَنْ مَنْصُورٍ عَنْ إِبْرَاهِيمَ عَنْ عَبْدِ الرَّحْمَنِ بْنِ يَزِيدَ عَنْ أَبِي مَسْعُودٍ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ قَالَ قَالَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ
مَنْ قَرَأَ بِالْآيَتَيْنِ مِنْ آخِرِ سُورَةِ الْبَقَرَةِ فِي لَيْلَةٍ كَفَتَاهُ

Telah menceritakan kepada kami Abu Nu’aim, telah menceritakan kepada kami Sufyaan, dari Manshuur, dari Ibraahiim, dari ‘Abdurrahman bin Yaziid, dari Abu Mas’ud -radhiyallahu ‘anhu-, ia berkata, Nabi Shallallaahu ‘alaihi wasallam bersabda, “Barangsiapa yang membaca dua ayat terakhir dari surat Al-Baqarah dalam suatu malam, kedua ayat itu telah mencukupinya.” [Shahiih Al-Bukhaariy no. 5010] (https://muhandisun.wordpress.com/2013/08/04/hadits-hadits-shahih-dan-hasan-keutamaan-beberapa-surat-al-quran/)

Para ulama menyebutkan bahwa siapa yang membaca dua ayat terakhir surat Al-Baqarah, maka Allah akan memberikan kecukupan baginya untuk urusan dunia dan akhiratnya, juga ia akan dijauhkan dari kejelekan. Ada juga ulama yang mengatakan bahwa dengan membaca ayat tersebut imannya akan diperbaharui karena di dalam ayat tersebut ada sikap pasrah kepada Allah Ta’ala. Ada juga ulama yang mengatakan bahwa ayat tersebut bisa sebagai pengganti dari berbagai dzikir karena di dalamnya sudah terdapat do’a untuk meminta kebaikan dunia dan akhirat. Lihat bahasan Prof. Dr. Musthafa Al-Bugha dalam Nuzhah Al-Muttaqin, hal. 400-401.

Al-Qadhi ‘Iyadh menyatakan bahwa makna hadits bisa jadi dengan membaca dua ayat terakhir surat Al-Baqarah akan mencukupkan dari shalat malam. Atau orang yang membacanya dinilai menggantungkan hatinya pada Al-Qur’an. Atau bisa pula maknanya terlindungi dari gangguan setan dengan membaca ayat tersebut. Atau bisa jadi dengan membaca dua ayat tersebut akan mendapatkan pahala yang besar karena di dalamnya ada pelajaran tentang keimanan, kepasrahan diri, penghambaan pada Allah dan berisi pula do’a kebaikan dunia dan akhirat. (Ikmal Al-Mu’allim, 3: 176, dinukil dari Kunuz Riyadhis Sholihin, 13: 83).

Imam Nawawi sendiri menyatakan bahwa maksud dari memberi kecukupan padanya –menurut sebagian ulama- adalah ia sudah dicukupkan dari shalat malam. Maksudnya, itu sudah pengganti shalat malam. Ada juga ulama yang menyampaikan makna bahwa ia dijauhkan dari gangguan setan atau dijauhkan dari segala macam penyakit. Semua makna tersebut kata Imam Nawawi bisa memaknai maksud hadits. Lihat Syarh Shahih Muslim, 6: 83-84.

Syaikh Muhammad bin Shalih Al-‘Utsaimin menjelaskan tentang keutamaan dua ayat tersebut ketika dibaca di malam hari, “Ketahuilah para ikhwan sekalian, kedua ayat ini jika dibaca di malam hari, maka akan diberi kecukupan. Yang dimaksud diberi kecukupan di sini adalah dijaga dan diperintahkan oleh Allah, juga diperhatikan dalam do’a karena dalam ayat tersebut terdapat doa untuk maslahat dunia dan akhirat.” (Ahkam Al-Qur’an Al-Karim, 2: 540-541). [https://rumaysho.com/11085-keutamaan-membaca-dua-ayat-terakhir-surat-al-baqarah-pada-waktu-malam.html}

Keutamaan 2 ayat terakhir Surat Al-Baqarah juga dapat disimak di video: https://www.youtube.com/watch?v=Z6tsVY-4K2k dan https://www.youtube.com/watch?v=vIDHHayEZXQ

Penutup

Dengan menghafal, maka akan kita akan tersibukkan dalam membaca dan mengulang kedua surat tersebut, sehingga segudang faidah yang disebutkan berupa penjagaan dari setan, keberkahan, dan yang lainnya pun akan didapatkan. Sekali lagi kami ingatkan keutamaan menghafal Al-Qur’an secara umum:

Diriwayatkan oleh Tirmizi, no. 2914, Abu Dawud, no. 1464 dari Abdullah bin Amr radhiallahu anhu, dari Nabi sallallahu alaihi wa sallam bersabda:

يقال لصاحب القرآن اقرأ وارتق ورتل كما كنت ترتل في الدنيا فإن منزلتك عند آخر آية تقرأ بها (والحديث صححه الألباني في السلسلة الصحيحة، 5/281 برقم، 2240)

“Dikatakan kepada pemilik Al-Qur’an: Bacalah dan mendakilah. Bacalah dengan tartil sebagaimana engkau membaca dengan tartil di dunia. Karena kedudukanmu di akhir ayat yang engkau baca.” (Hadits ini dishahihkan oleh Al-Albani dalam kitab As-silsilah As-Shahihah, 5/281 no. 2240)

“Ketahuilah bahwa maksud perkataan ‘Pemilik Al-Qur’an’ adalah orang yang hafal di luar kepada, sesuai dengan sabda Nabi sallallahu’alaihi wa sallam “Yang menjadi imam di suatu kaum adalah yang lebih banyak bacaannya terhadap Kitabullah.” Maksudnya yang paling banyak hafalannya.

Maka keutamaan derajat di surga sesuai dengan hafalan di dunia. Bukan sesuai dengan bacaan dan memperbanyak bacaan sebagaimana orang-orang mengiranya. Di dalamnya ada keutamaan yang jelas bagi penghafal Al-Qur’an. Akan tetapi dengan syarat menghafalnya karena Allah semata. Bukan karena dunia, dirham dan dinar. Kalau tidak, maka Nabi sallallahu alaihi wa sallam bersabda, “Kebanyakan munafik dari ummatku adalah orang yang ahli membaca (Al-Qur’an).” (https://islamqa.info/id/82219)

Keutamaan menghafal Al-Qur’an sudah diulas di:

Tips Menanamkan Kegemaran Menghafal Al-Qur’an pada Anak

Bagi yang menghafal surat Al-Baqarah dan Ali-Imran, akan memeroleh kedudukan yang sangat tinggi

Anas radhiyallahu ‘anhu berkata:

كَانَ الرَّجُلُ إِذَا قَرَأَ: الْبَقَرَةَ، وَآلَ عِمْرَانَ، جَدَّ فِينَا – يَعْنِي عَظُمَ [مسند أحمد: صحيح]

Dulu jika seseorang menghafal surah Al-Baqarah dan Ali Imran maka ia sangat mulia di sisi kami. [Musnad Ahmad: Sahih]

[http://umar-arrahimy.blogspot.co.id/2013/02/keutamaan-surah-al-baqarah.html]

Akan tetapi yang lebih penting dari itu adalah mengamalkan isi dari kedua surat tersebut dalam kehidupan sehari-hari, termasuk membacanya di waktu-waktu tertentu sebagaimana yang telah disebutkan. Wallahu a’lam. Semoga Bermanfaat

Semoga sholawat dan salam senantiasa tercurah kepada Nabi kita Muhammad, beserta keluarganya, sahabatnya, dan orang-orang yang mengikutinya dengan baik hingga hari kiamat.

Abu Muhammad

Palembang, 29 Rabi’ul Awwal 1438 H/ 28 Desember 2016

Kandungan Neosaipress; Kurma Ajwa

Kurma Ajwa Pertama Kali ditanam oleh tangan paling suci yaitu Nabi Muhammad SAW. yang terletak berdampingan dengan Masjid Quba di Madinah. Dari sekitar 400 Jenis kurma yang ada di Saudi Arabia, Kurma Ajwa paling banyak diminati karena kurma Ajma paling digemari oleh Nabi, dan karena itulah sering disebut juga sebagai kurma Nabi.

 

Khasiat Kurma Ajwa

1. Dari Sa’d bin Abi Waqqash radhiyallahu’anhu, Rasulullah Shallallahu’alaihi wa sallam bersabda,

” Siapa yang setiap hari sarapan kurma ajwa 7 butir, maka diracun maupun sihir tidak akan memberikan pengaruh baginya dihari itu. ” (HR. Bukhari 5130 & Muslim 5460)

2. Dari Aisyah radhiyallahu’anha , Rasulullah Shallallahu’alaihi wa sallam bersabda,

” Sesungguhnya dalam kurma ajwa dari daerah Aliyah terdapat obat. Atau bahwa ajwa adalah anti racun dipagi hari ” (HR. Muslim 5462)

3. Dalam riwayat lain , Rasulullah Shallallahu’alaihi wa sallam bersabda,

” Dalam Ajwa Aliyah yang dimakan dipagi hari , akan menjadi obat dari setiap sihir dan racun. ” (HR. Ahmad 24735 dan dishahihkan Syuaib al-Arnauth)

4. Hadis dari Sa’d Bin Abi Waqqash Radhiyallahu’anhu , Rasulullah Shallallahu’alaihi wa sallam bersabda,

” Siapa yang setiap pagi sarapan dengan beberpa kurma ajwa, maka racun maupun sihir tidak akan membahayakannya di hari itu sampai malam . ” (HR. Bukhari  5768)

5. Dari Sa’d Bin Abi Waqqash Radhiyallahu’anhu , Rasulullah Shallallahu’alaihi wa sallam bersabda;

” Siapa yang makan 7 butir kurma yang berasal dari Madinah ketika pagi, maka racun-racun tidak akan membahayakannya sampai sore . ” (HR. Muslim 5459)

Keistimewaan Kandungan Zat dalam Kurma

Hasil penelitian ilmuan menyatakan bahwa kurma mengandung banyak protein, serat gula, Vitamin A, Vitamin C, Mineral, Zat Besi, Kalsium, Sodium dan Potasium.

Artinya, makan buah kurma satu Setara dengan makan beberapa macam buah sekaligus. Zat gula yang ada pada buah kurma pun tidak membutuhkan proses pemecahan oleh enzim sehingga langsung terserap oleh tubuh, karenanya kurma sangat bagus untuk kesehatan tubuh.

Hal ini menunjukan bahwa islam yang dibawa oleh Nabi Muhammad SAW. menganjurkan kebaikan, seperti halnya anjuran untuk makan kurma saat sehat maupun sakit.

 

MINUMAN KEGEMARAN ROSULULLAH DI BULAN RAMADHAN

Infused Energi Saat Puasa dengan ” Air Nabeez” Kegemaran Rasulullah

Apa itu Nabeez atau air nabeez???

Air nabeez adalah minuman sunnah kegemaran Rasulullah, yg merupakan jenis air rendaman kurma atau kismis/raisin. Hadeeth From Sunan Abu Dawood ~ Book of drinks =>Narrated Ad-Daylami:

Air rendaman kurma atau kismis ini merupakan air tonik alkalin yang bermanfaat untuk :

👉Metabolisme
👉Menghapus kadar keasaman pada lambung
👉Membersihkan sisa metabolisme dari tubuh
👉Meningkatkan fungsi pencernaan
👉Menambah daya ingat
👉Memperbaiki masalah limpa, hati & bagi pasien yang memiliki masalah arthritis dan asam urat, mengkonsumsi air nabeez ini adalah salah satu alternatif terapi untuk kesehatan penderita arthritis dan gout.
Insyaa Allah.

Perlu diingat jangan kurma dicampur dengan kismis.

Bagaimana Cara Membuat Air Nabeez?

Cara membuat air nabeez cukup mudah hanya dengan merendam beberapa butir kurma dg segelas air minum. Ikuti sunnah Nabi ambil bilangan ganjil 3/5/7 butir kurma. Nah air rendaman inilah *Nabeez* baru diminum setelah 10-12 jam kemudian.

Air rendaman kurma nabeez yang di buat waktu sahur,untuk diminum saat buka puasa. Bila diminum untuk sahur,dibuat saat berbuka puasa.

Dan saat berbuka juga sama, sebelum makan makanan besar, terlebih dulu berbuka dengan air nabeez.

Perlu diingat bahwa air nabeez ini tidak boleh dibiarkan lebih dari 2-3 hari, karena akan menyebabkan fermentasi dan tidak boleh lagi dikonsumsi. kenapa? karena saat fermentasi sudah berlangsung maka ini awal terbentuknya alkohol artinya minuman tersebut menjadi bagian dari minuman beralkohol dan hukumnya menjadi haram.

Jadi sebaiknya daily fresh (segar tiap hari) saja bila membuat air nabeez ini. Bikin pagi minumnya saat berbuka puasa. Bikin sore diminumnya waktu sahur. Kurma yang direndam bisa langsung dimakan setelah airnya diminum. Kurma terasa lebih nikmat dan lembut..

*MENGAPA KURMA DI BENCI JIN DAN SETAN DAN MENGAPA NABI MEMAKANNYA DALAM HITUNGAN GANJIL.*
*INI JAWABAN NYA.*

*Sepercik Hikmah*

Mengapa kurma dibenci jin dan setan?
Serta mengapa Nabi shalallahu alaihi wasallam memerintahkan kita, memakan dalam hitungan ganjil 3, 5, 7, 9 atau 11 dan dimakan pada pagi hari?

Dan yang paling baik makan tujuh biji kurma. Baik dari segi Agama dan ilmiah penjelasan atas pertanyaan ini yaitu ternyata kurma membuahkan daya perlindungan tubuh manusia dan membuat perisai dan pelindung untuk tubuh manusia.

Amir bin Saad dari ayahnya – berkata: Rasulullah, sallallahu ‘alaihi wasallam bersabda:
*Lakukanlah ikhtiar perlindungan dari sihir dengan memakan 7 biji kurma.*
Penelitian sudah tunjjukkan kalau buah kurma miliki manfaat utama.

*1.PERTAMA*
Kurangi tingkat kolesterol dalam darah dan mencegah kesumbatan disaluran darah.

*2.KEDUA*
Mencegah cancer usus besar serta mencegah penyakit bawasir dan kurangi bentuk batu kepahitan dan membantu tahap kehamilan serta waktu bersalin, lantaran mengandung serat serta makanan yang baik pencernaan dan gula.

*3-KETIGA*
Mencegah kerusakan gigi karena mengandung fluorine.

*4.KEEMPAT*
Mencegah racun karena mengandung natrium, gallium dan vitamin C.

*5.KELIMA*
Penyembuhan kekurangan darah merah karena mengandung zat besi, tembaga, vitamin B-2.

*6.KEENAM*
Obat untuk penyakit lemah tulang karena mengandung kalsium, fosfor, vitamin A.

*7.KETUJUH*
Penyembuhan untuk kehilangan selera makan dan kurangnya fokus karena mengandung gallium.

*8.KEDELAPAN*
Untuk pengobatan kekurangan umum dan jantung berdebar karena mengandung magnesium, tembaga.

*9.KESEMBILAN*
Obat cancer sendi dan otak karena mengandung boron.

*10.KESEPULUH*
Anti-cancer karena mengandung selenium.

*11.KESEBELAS*
Pengobatan disfungsi ereksi karena mengandung boron, vitamin A.

*12.KEDUABELAS*
Perawatan untuk kulit kering dan penyakit cornea mata kering serta kebutaan malam karena mengandung vitamin A.

*13.KETIGABELAS*
Obat untuk penyakit saluran pencernaan saraf karena mengandung vitamin B1.

*14.KEEMPATBELAS*
Perawatan untuk rambut gugur dan stres mata serta selaput lendir rongga mulut serta inflamasi bibir karena mengandung vitamin B-2.

*15.KELIMABELAS*
Perawatan inflamasi kulit karena mengandung vitamin niacin.

*16.KEENAMBELAS*
Obat untuk penyakit kudis, melemahkan keseluruhan tubuh dan jantung berdebar, sesak napas dan kecot pembuluh darah serta timbulnya bintik-bintik merah pada kulit serta kekurangan dalam tulang dan gigi, karena mengandung Vitamin C, atau ascorbic acid 2 E

*17.KETUJUHBELAS* Pengobatan keasaman diperut karena mengandung klorin, natrium dan gallium.

*18.KEDELAPANBELAS* Pengobatan penyakit gusi dan kekurangan saluran darah capillary, kekurangan kekuatan otot dan tulang karena mengandung vitamin C.

Alhamdulillah sudah mencoba n menikmatin manfaatnnya.

Semoga bermanfaat. .

السلام عليكم ورحمه الله وبركاته

Yg punya jamaah haji sedang bermasalah dengan *stamina, kelelahan, sakit sendi, lutut, syaraf, osteoporosis, Osteo Artritis dll..*
Alhamdulillah. .yg melaporkan testimoninya… sakit lutut Osteo Artritis, syaraf dan sendi..biidznillah sembuh dalam hitungan ⏰Jam⏰
💊💊💊💊💊
FAKTA *THIBBUN NABAWI* MERUPAKAN HERBAL YANG AMPUH UNTUK PENGOBATAN

Herbal Sunnah BIOSAIPRESS untuk Stroke, Syaraf dan Sendi

Thibbun Nabawi dimunculkan oleh para dokter muslim sekitar abad ke-13 M untuk menunjukkan ilmu-ilmu kedokteran yang berada dalam bingkai keimanan pada Allah, *sehingga terjaga dari kesyirikan, takhayul dan khurofat.*

*Teknologi Farmasi* telah membuktikan *Herbal Sunnah Biosaipress* dalam Komposisinya: *Habbatussauda* – Ambe Cypress – *Minyak Zaitun* – Buah Delima – *Kurma Ajwa – Madu Yaman* – – Zakfaron – Aprikot – *Garam Hunza*.
Dengan izin Allah mampu menyembuhkan *dalam waktu cepat dan beberapa kasus seperti sakit syaraf, urat, otot, tulang dan sendi bisa dirasakan proses kesembuhannya dalam hitungan jam.*

*Habbatus Sauda’ atau Jinten Hitam atau Syuwainiz*
Nabi shallallahu ‘alaihi wasalam bersabda:
*Sungguh dalam habbatus sauda’ itu terdapat penyembuh segala penyakit, kecuali as-sam.” Saya bertanya, “Yaa Rasulullah..Apakah as-sam itu?” Beliau menjawab, “Kematian”.*
(HR. BUKHORI)

*AMBE POHON CYPRESS*
Pohon Pine Cypress merupakan pohon dari species kayu kapal Nabi Nuh yg sekarang terdampar di bukit Al-Judi di Turki. Dalam penelitian ini, perusahaan bekerjasama dengan *Prof. Dr. Muhammad Syakran dari Mesir* yg sudah terlibat dalam penelitian selama 35 th.
Penelitian beliau sangat menakjubkan, hampir seluruh bagian Pohon Cypress dimanfaatkan untuk tujuan kesehatan yang maksimal. *InsyaAllah, Mampu membantu pengobatan berbagai penyakit*.
Subhanallah. .

_Info & pesan klik.._ 👇
🇮🇩 *Open Reseller:*
Wa. 085697968001

Herbal Sunnah BIOSAIPRESS untuk Stroke, Syaraf dan Sendi

Terapi Hati

💔💓💥TERAPI HATI.💞💚💝

Hati manusia terkadang tidak stabil atau sakit seperti halnya badan. Meskipun berbeda antara sifat maupun obatnya.

Sebagaimana sabda Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam,

 ” أَلا وإِنَّ فِي الجَسَدِ مُضْغَةً إِذَا صَلَحَتْ صَلَحَ الجَسَدُ كُلُّهُ وإذَا فَسَدَت فَسَدَ الجَسَدُ كُلُّهُ أَلا وَهيَ القَلْبُ.“ رواه البخاري ومسلم.

“Ketahuilah, sesungguhnya dalam tubuh manusia ada segumpal daging, jika segumpal daging itu baik, maka akan baik seluruh tubuh manusia, dan jika segumpal daging itu buruk, maka akan buruk seluruh tubuh manusia, ketahuilah bahwa segumpal daging itu adalah hati manusia.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Apa obat yang bisa dipakai untuk mengobati hati yang sakit? Berikut ini kami sebutkan 8 obatnya. Semoga bermanfaat.

💗Pertama: Al-Qur’an al-Karim.

Allah berfirman, artinya,

💥“Hai manusia, sesungguhnya telah datang kepadamu pelajaran dari Tuhanmu dan penyembuh bagi penyakit-penyakit (yang berada) dalam dada dan petunjuk serta rahmat bagi orang-orang yang beriman.” 📒💥(QS.Yunus: 57).

Dia juga berfirman, artinya, “Dan Kami turunkan dari al-Quran suatu yang menjadi penawar dan rahmat bagi orang-orang yang beriman dan al-Quran itu tidaklah menambah kepada orang-orang yang zalim selain kerugian.” 📓💥(QS. al-Isra: 82)

Ibnu Qoyyim berkata, “Inti penyakit hati itu adalah syubhat dan nafsu syahwat. Sedangkan al-Qur’an adalah penawar bagi kedua penyakit itu, karena di dalamnya terdapat penjelasan-penjelasan dan argumentasi-argumentasi yang akurat, yang membedakan antara yang haq dengan yang batil, sehingga penyakit syubhat hilang. Penyembuhan al-Qur’an terhadap penyakit nafsu syahwat, karena di dalam al-Qur’an terdapat hikmah, nasihat yang baik, mengajak zuhud di dunia dan lebih mengutamakan kehidupan akhirat.”📚📓📒💓

Orang yang ingin memperbaiki hatinya hendaknya mengetahui bahwa berobat dengan al-Qur’an itu tidak cukup hanya dengan membaca al-Qur’an saja, tetapi harus memahami, mengambil pelajaran dan mematuhi hukum-hukum yang terkandung di dalamnya.

💥Ya Allah, jadikanlah al-Qur’an itu sebagai pelipur lara, penawar hati dan penghilang kegundahan dan kegelisahan kami. Amin.

💗Kedua: Cinta Kepada Allah.

Cinta kepada Allah merupakan terapi yang mujarab bagi hati. Cinta seorang hamba kepada Allah akan menjadikan hatinya tunduk kepada-Nya, merasa tenteram tatkala mengingat-Nya, mengorbankan perasaannya demi sang kekasihnya, yaitu Allah. Hatinya senantiasa mengharap kepada yang dicintainya untuk memecahkan problem yang ia hadapi. Ia pun tak putus asa dari kasih sayang-Nya. Ia yakin bahwa yang dicintainya adalah Dzat yang tepat untuk mengadukan berbagai masalah. Ia yakin akan diberikan solusi yang terbaik untuknya. Kecintaan kepada-Nya menyebabkan dapat menikmati manisnya iman yang bersemayam di dalam hati.

💗Ketiga: Berdzikir atau Mengingat Allah.

Ketidaktenteraman hati merupakan hal yang membahayakan. Allah memberikan salah satu obat yang bisa menjadi sarana terapi keadaan hati yang demikian.

💥“Ingatlah, hanya dengan mengingat Allahlah hati menjadi tenteram” 💞

demikianlah arti firman Allah dalam 📚QS. ar-Ra’d : 28.

Obat ini menjadikan hati seseorang hidup, terhindar dari kekerasan dan kegelapan. Ibnu Qayyim berkata,

📒💥“Segala sesuatu itu mempunyai penerang, dan sesungguhnya penerang hati itu adalah dzikrullah (mengingat Allah).

Suatu ketika, seorang berkata kepada Hasan al-Basri, “Wahai Abu Sa’id, aku mengadu kepadamu, hati saya membatu.” Maka beliau menjawab,

📒💥“Lunakkanlah dengan dzikir, karena tidak ada yang dapat melunakkan kerasnya hati yang sebanding dengan dzikrullah.”

maka dari itu Allah di dalam banyak ayat-ayat-Nya menyuruh orang-orang yang beriman agar banyak dan sering berdzikir kepada-Nya. Seperti pada firman-Nya, artinya, 📚💥

“Hai orang-orang yang beriman, berdzikirlah (dengan menyebut nama) Allah, dzikir yang sebanyak-banyaknya📒.” (QS. al-Ahzab: 41).

Nabi kita Muhammad selalu berdzikir kepada Allah pada setiap saat, sebagaimana dituturkan oleh istri beliau ‘Aisyah.

💗Keempat: Taubat Nasuha dan Banyak Beristighfar (Minta Ampun)

Perhatikanlah sabda Rasulullah,

💥“Sesungguhnya hatiku kadang keruh, maka aku beristighfar dalam satu hari sebanyak seratus kali”📒 (HR. Ahmad)

Dalam hadis ini Nabi menjelaskan bahwa beliau menghilangkan kabut atau kekeruhan hati beliau dengan istighfar, padahal dosa-dosa beliau yang telah lalu maupun yang akan datang telah diampuni oleh Allah. Bagaimanakah dengan kita yang banyak dosa dan banyak melakukan kemaksiatan? Tidakkah kita lebih membutuhkan istighfar untuk hati kita yang sakit?! Demi Allah, betapa kita semua, sangat membutuhkan istighfar.

💗Kelima: Banyak Berdoa dan Meminta Kepada Allah untuk Memperbaiki dan Membersihkan Hati Serta Memberinya Petunjuk.

Berdoa merupakan pintu utama yang agung untuk memperbaiki hati. Allah berfirman, artinya, “Maka mengapa mereka tidak memohon (kepada Allah) dengan tunduk me- rendahkan diri ketika datang siksaan Kami kepada mereka, bahkan hati mereka telah menjadi keras, dan setan pun menampakkan kepada mereka kebagusan apa yang selalu mereka kerjakan.” 📒(QS. al-An’am: 43).

Teladan kita yang mulia Muhammad sendiri selalu memohon kepada Allah untuk kesucian hatinya, kokoh berjalan di atas kebenaran dan petunjuk. Sebagaimana diriwayatkan oleh Imam at-Tirmidzi dari Ummu Salamah. Ia meriwayatkan bahwa doa Nabi yang sering beliau panjatkan ialah,

💥“wahai Tuhan Pembolak-balik hati, teguhkanlah hatiku pada agama-Mu”📒 (HR. at-Tirmidzi)

💗Keenam: Sering Mengingat Kehidupan Akhirat.

Sesungguhnya kelalaian mengingat akhirat itu adalah penghambat segala kebaikan, kebajikan dan merupakan pemicu setiap malapetaka dan kejahatan. Seseorang yang banyak mengingat akhirat, akan menyadarkan dirinya bahwa kehidupan sebenarnya, yang dia hidup selama-lamanya adalah kehidupan akhirat. Dengan demikian, hatinya lurus dalam mengendalikan jasad. Tindak tanduknya mencerminkan amal nyata yang ia tanam di dunia ini dengan harapan ia akan dapat menuai hasilnya yang baik di akhirat kelak.

💗Ketujuh: Membaca dan Mempelajari Sejarah Kehidupan Orang-Orang yang Shalih.

Ini pun bisa menjadi salah satu obat bagi hati. Banyak pelajaran tentang teguhnya hati dari hempasan badai kehidupan yang menerjang. Siapa saja yang memperhatikan dan mempelajari kehidupan atau sejarah suatu kaum berdasarkan pengetahuan dan penghayatan, maka niscaya hatinya dihidupkan kembali oleh Allah dan disucikan batinnya. Itulah sejarah dan perjalanan hidup Nabi Muhammad. Sejarah kehidupan beliau merupakan terapi untuk mempertebal iman dan memperbaiki hati.

💗Kedelapan: Bersahabat dengan Orang-Orang Shalih, bertakwa dan berbuat kebaikan.

Seseorang yang bergaul dengan orang yang bertakwa niscaya tidak celaka. Karena mereka tidak akan mengajak selain kepada kebaikan. Selamatlah hati dari terkontaminasi penyakit-penyakit hati. Sebaliknya, jika Anda bersahabat dengan orang-orang yang tidak shalih, tidak bertakwa dan tidak berbuat kebaikan, niscaya Anda akan celaka. Mereka akan mengajak Anda untuk melakukan berbagai kejelekan yang akan menyebabkan hati Anda menjadi kotor. Allah secara tegas berfirman, artinya, “… dan janganlah kamu mengikuti orang-orang yang hatinya telah Kami lalaikan dari mengingat Kami, serta menuruti hawa nafsunya dan adalah keadaannya itu melewati batas”📒(QS. al-Kahfi : 28)

Maka berupayalah untuk bersahabat dengan orang-orang yang shalih.

💓💥Demikian 8 obat untuk menyembuhkan penyakit hati. Berusahalah Anda untuk memahami dengan baik dan mengamalkan dengan tekun, karena sesungguhnya kebahagiaan yang hakiki itu, tidak akan dapat dicapai kecuali dengan keselamatan dan kesucian hati. Dan tidak ada yang sempurna, yang lebih bahagia, yang lebih baik, dan tidak ada pula yang lebih nikmat daripada kehidupan orang-orang yang berhati bersih juga mulia.

💞💚💔💜💔💚💝💔💚💞

Bismillah

📚17 AMALAN RINGAN YANG BESAR PAHALANYA.🔖

Diantara yang diajarkan Rasulullah shallallaahu ‘alayhi wa sallam pada kita adalah rutin mengamalkan amalan shalih meskipun amalan itu sedikit dan ringan, atau bahkan dipandang remeh oleh sebagian orang.

Namun ternyata tanpa kita sangka, ternyata amalan tersebut mengandung pahala yang besar.

Berikut adalah beberapa amalan yang mudah dan ringan untuk dilakukan, namun besar pahalanya, berdasarkan hadits yang shahiih:

📗1) membaca : subhaanallaahi wa bihamdihi subhaanallaahil ‘adzim.

Dari Abu Hurairah, Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

📚”Ada dua kalimat yang dicintai oleh Allah, ringan di lisan, dan berat ditimbangan: (yaitu bacaan)

👍💥subhaanallaahi wa bihamdihi subhaanallaahil ‘adzim [Mahasuci Allah dan dengan memujiNya, Mahasuci Allah Yang Mahaagung]”📚
[Shahiih: HR. Al-Bukhari]

📗2) wudhu dengan sempurna dan membaca do’a,

Dari Umar bin Khaththab radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

مَا مِنْكُمْ مِنْ أَحَدٍ يَتَوَضَّأُ فَيُسْبِغُ الْوَضُوءَ ثُمَّ يَقُولُ: أَشْهَدُ أَنْ لَا إِلَهَ إِلَّا اللهُ وَحْدَهُ لَا شَرِيكَ لَهُ وَأَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُ اللهِ وَرَسُولُهُ إِلَّا فُتِحَتْ لَهُ أَبْوَابُ الْجَنَّةِ الثَّمَانِيَةُ يَدْخُلُ مِنْ أَيِّهَا شَاءَ

📚“Tidaklah salah seorang di antara kalian berwudhu dan menyempurnakan wudhunya, kemudian mengucapkan,

🔖‘Asyhadu an laa ilaaha illallah wahdahu laa syariika lahu, wa asyhadu anna Muhammadan ‘abduhu wa rasuluhu’

🎯 [Aku bersaksi bahwa tidak ada sesembahan yang berhak disembah selain Allah semata, tidak ada sekutu bagi-Nya. Dan aku bersaksi bahwa Muhammad adalah hamba dan utusan Allah.] kecuali Allah akan bukakan untuknya delapan pintu langit yang bisa dia masuki dari pintu mana saja.” 📚[HR Muskim]

📗3) menghadiri shalat jum’at di awal waktu, dengan memperhatikan adabnya.

Dari Aus bin Aus Ats-Tsaqafi, bahwa Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

🔖”Barangsiapa yang membasuh (kepalanya) dan mencuci (seluruh tubuhnya) di hari jum’at (mandi besar, ed.), lalu berangkat ke masjid pagi-pagi, dan dia mendapatkan khutbah dari awal, dia berjalan dan tidak naik kendaraan, dia (duduk) mendekat ke khatib, konsentrasi mendengarkan khutbah dan tidak berbicara maka setiap langkahnya (dinilai) sebagaimana pahala puasa dan shalat malam selama setahun.”

📚[Shahiih: HR. Abu Dawud, At-tirmidzi, Ibnu Majah, Ibnu Khuzaimah, Ibnu Hibban, dan dinilai shahiih ]
Abu Zur’ah mengatakan:

🔖”Saya tidak pernah menjumpai satu hadits yang menceritakan pahala yang besar dengan amal yang sedikit yang lebih shahiih dari hadits ini.”

📗4) shalat dhuha dua rakaat.

Dari Abu Dzar radhiyallaahu ‘anhu, Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

🔖”Setiap ruas tulang kalian wajib disedekahi, setiap tasbih, tahmid, tahlil, dan takbir bernilai sedekah, amar ma’ruf nahi munkar bernilai sedekah, dan semua kewajiban sedekah itu bisa ditutupi dengan dua rakaat
shalat dhuha.”📚
[HR. Muslim & Abu Dawud]

📗5) berdzikir di masjid setelah shubuh.

Dari Anas bin Malik, Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

🌺”Barangsiapa yang shalat subuh berjamaah, kemudian tetap duduk di masjid sampai terbit matahari, kemudian shalat dua rakaat (shalat sunnah Syuruq) maka dia mendapat pahala haji dan umrah, sempurna, sempurna.”📚
[Hasan: HR. At-Tirmidzi dan dinilai hasan ]

📗6) membaca Al-Qur’an.

Dari Abdullah bin Mas’ud, Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

🔖”Barangsiapa yang membaca satu huruf dari Al-Qur’an maka dia mendapat satu pahala kebaikan. Dan setiap satu pahala itu dilipatkan menjadi 10 kali lipat….”📚
[Shahiih: HR. At-Tirmidzi, At-Thabrani ]

📗7) membaca dzikir ketika masuk pasar atau tempat keramaian.

Dari Abdullah bin Amr bin al-‘Ash, Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

📚”Barangsiapa yang masuk pasar kemudian dia membaca: laa ilaha illallahu wahdahu laa syarikalahu lahul mulku wa lahul hamdu yuhyi wa yumiitu wa huwa hayyun laa yamuutu,
biyadihil khairu, wa huwa ‘ala kulli syai’in qadiir

🔖 [tiada sesembahan yang berhak disembah selain Allah tiada sekutu bagiNya, milikNyalah seluruh kerajaan. Dan milikNyalah seluruh pujian, Dia menghidupkan dan mematikan, dan Dia Mahahidup dan tidak mati, di TanganNyalah segala kebaikan, dan Dia Mahakuasa atas segala sesuatu] maka Allah catat untuknya sejuta kebaikan, Allah hapuskan sejuta kesalahan, dan Allah angkat untuknya satu juta derajat.”
[Hasan: HR. At-Tirmidzi, Al-Hakim, Ad-Darimi ] 📚🕸

8) shalat berjama’ah di masjid.

Dari Abu Umamah, Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

“Barangsiapa yang keluar dalam keadaan suci, menuju masjid untuk melaksanakan shalat berjama’ah maka pahalanya seperti pahala orang yang sedang haji dalam
keadaan ihram.”
[Hasan: HR. Abu Dawud ] 📚

📗9) berdzikir ketika terbangun dari tidur (nglilir – bhs. jawa)

Dari Ubadah bin Shaamit, Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

🔖”Barangsiapa yang terbangun (nglilir) ketika tidur malam kemudian dia membaca:

🔖laa
ilaha illallahu wahdahu laa syarikalahu lahul mulku wa lahul hamdu wa huwa ‘ala kulli
syai’in qadiir. Alhamdulillah, wa subhanallah, wa laa ilaha illallah wallahu akbar wa laa haula wa laa quwwata illa billah

🍁[tiada
sesembahan yang berhak disembah selain Allah semata tiada sekutu bagiNya, milikNyalah seluruh kerajaan, milkNyalah segala pujian, dan Dia Mahakuasa atas segala sesuatu. Segala puji milik Allah,
Mahasuci Allah, tiada sesembahan yang
berhak disembah selain Allah, Allah Mahabesar. Tiada daya dan kekuatan kecuali dari Allah]

🔖kemudian dia beristighfar atau
berdo’a maka akan dikabulkan. Jika dia berwudhu kemudian shalat dua rakaat maka
shalatnya diterima.”
[HR. Al-Bukhari & Abu Dawud] 📚💥

📗10) Shalat sunnah dua rakaat sebelum subuh.

Dari Ummul Mukminin ‘Aisyah radhiyallaahu ‘anha, Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam
bersabda:

“Dua rakaat sebelum subuh lebih baik dari pada dunia dan seisinya.”
[Shahiih: HR. Muslim] 📚💚

📗11) membaca shalawat atas Nabi.

Dari Abu Hurairah, Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

🔖”Barangsiapa yang
membaca shalawat untukku sekali, maka Allah.akan memberikan shalawat kepadanya sepuluh kali.”
[Shahiih: HR. Muslim]📚📕
Dalam riwayat lain:

🔖”Barangsiapa yang membaca shalawat untukku sekali, maka Allah akan memberikan shalawat kepadanya
sepuluh kali, dihapuskan sepuluh kesalahan, dan diangkat sepuluh derajat.”
[Shahiih: HR. An-Nasaa’i] 📚📕

📗12) menjawab adzan dan membaca do’a setelah adzan.

Dari Jabir bin ‘Abdillah, Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

🔖”Barangsiapa
yang mendengarkan adzan kemudian dia membaca do’a:

👏👏Allahumma rabba hadzihid da’watittammah washshalatil qaa’imah, ati muhammadanil wasilata wal fadhilah wab’ats-hu maqamam mahmudanilladzi wa’adtahu

👏👏[Ya Allah, Rabb pemilik panggilan yang sempurna dan shalat wajib yang ditegakkan,
berikanlah kepada Muhammad wasilah dan fadhilah. Bangkitkanlah beliau ke tempat terpuji yang telah Engkau janjikan kepadanya.]

maka dia
berhak mendapat syafaatku pada hari kiamat.”
[Shahiih: HR. Bukhari] 📚📕

📗13) membaca dzikir setiap pagi dan sore.

Diantara dzikir yang disyariatkan adalah membaca:

💥”subhanallah wa bihamdihi”

Dari Abu Hurairah.radhiyallaahu ‘anhu, Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

🔖”Barangsiapa di waktu pagi dan sore membaca: ‘subahanallah wa bihamdihi’ seratus kali maka tidak ada seorang pun yang
datang pada hari kiamat dengan membawa pahala yang lebih baik dari pahala yang dia
bawa, kecuali orang yang membaca seperti yang dia baca atau lebih banyak.”📚
[HR. Muslim]

📗14) mengajak orang lain untuk melakukan.kebaikan.

Dari Abu Hurairah, Nabi shallallaahu ‘alaihi.wa sallam bersabda:

🔖”Barangsiapa yang mengajak kepada kebaikan maka dia mendapatkan pahala sebagaimana pahala orang yang mengikutinya, tanpa mengurangi pahala mereka sedikit pun. Dan.barangsiapa yang mengajak orang lain untuk melakukan kesesatan dan maksiat maka dia.mendapat dosa sebagaimana dosa orang yang mengikutinya, tanpa mengurangi dosa mereka sedikit pun.”
📚[Shahiih: HR. Muslim]

📗15) Rajin beristighfaar.

Dari ‘Abdullah bin ‘Abbas, Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

🔖”Barangsiapa yang rajin beristighfaar maka Allah akan berikan jalan keluar setiap ada
kesulitan, Allah berikan penyelesaian setiap mengalami masalah, dan Allah berikan rizki
yang tidak disangka-sangka.”
📚[ HR. Abu Dawud]

📗16) Puasa tiga hari (Ayyamul Bidh)

setiap bulan “Puasa tiga hari setiap bulan, nilainya sama dengan puasa selama sepanjang tahun.”📚 (HR. Bukhari, no. 1979 dan Muslim, no. 1159)

📗17) Membaca Ayat Kursi ba’da Shalat

👍“Siapa membaca ayat Kursi setiap selesai shalat, tidak ada yang menghalanginya masuk surga selain kematian.” 📚(HR. An-Nasai .)

🎯💦Selain amalan diatas tentu masih ada amalan amalan lainnya yg bernilai pahala besar

Mari kita mengaji…!!
hadiri majelis ke majelis ilmu📘📗📕

Alhamdulilah jazakummullohu khoiro.🔖

By. Ir. Susilo, spca : health consultant.🎯

Semoga bermanfaat.

Senyum dan Hormon Endorfin

SENYUMAN, CINTA, RASA SYUKUR, DZIKIR

🙂 *Senyummu Mampu Merubah Segalanya !*
🙂 Senyum memiliki nilai yang tinggi didalam Islam, hingga Allah swt mengabadikan senyuman Nabi Sulaiman as dalam firman-Nya,

فَتَبَسَّمَ ضَاحِكًا مِنْ قَوْلِهَا
“Maka dia (Sulaiman) tersenyum lalu tertawa karena (mendengar) perkataan semut itu.” (QS.An-Naml:19)

🙂 Salah seorang sahabat, Abdullah bin Harits, pernah menuturkan tentang Rasulullah SAW, “Tidak pernah aku melihat seseorang yang lebih banyak tersenyum daripada Rasulullah SAW.” (HR Tirmidzi).

🙂 Meskipun ringan, senyum merupakan amal kebaikan yang tidak boleh diremehkan.

🙂 Rasulullah SAW bersabda, “Janganlah kamu meremehkan kebaikan sekecil apa pun, sekalipun itu hanya bermuka manis saat berjumpa saudaramu.” (HR Muslim).

🙂Satu senyuman kecil mampu menyalakan api semangat dalam diri saudaramu.

🙂Senyumanmu mampu menerangi hidup seseorang yang selama ini terkurung dalam kesedihan dan kegelapan.

🙂Senyumanmu pada orang tuamu memberikan kedamaian dan menenangkan hati mereka.

🙂Senyumanmu pada istri/ suamimu mewarnai harinya dengan cinta.❤

🙂Senyumanmu pada anakmu menguatkan jiwa mereka untuk menghadapi hidup.

🙂Senyumanmu pada karyawanmu menghilangkan kepenatan mereka.

🙂Senyumanmu pada tetanggamu mengobati kesedihan mereka.

🙂Senyuman tidak menghasilkan apapun kecuali senyuman. Lupakan beratnya beban hidupmu sejenak dan tebarkan senyummu kepada orang sekitarmu.

🙂“Senyuman seseorang kepada saudaranya adalah kebaikan dan menghilangkan gangguan dari mereka adalah kebaikan.

🙂Dan tidak ada ibadah yang lebih disenangi Allah (selain yang wajib) seperti memberikan kebahagiaan kepada orang mukmin.”

🙂Senyuman adalah salah satu hal terpenting dalam hidup. Kehidupan tanpa senyuman akan menimbulkan derita yang berkepanjangàn.

🙂Sayyidina Ali bin Abi tholib as berpesan,: “Seorang mukmin itu keceriannya tampak di wajahnya dan kesedihannya tersimpan didalam hati.”

🙂“Senyum manismu dihadapan saudaramu adalah shadaqah” (HR. Tirmidzi)

تَبَسُّمُكَ فِي وَجْهِ أَخِيكَ صَدَقَةٌ
(رواه الترمذى)
🙂 *Tebarkan senyuman karena senyum adalah sedekah yang paling mudah.*

Dan kata orang, murah senyum bikin bahagia. Lalu apakah benar senyum bikin bahagia? Bagaimana pandangannya dalam ilmu sains? Apa yang terjadi pada otak jika Anda sering senyum? Kabar baiknya, senyum ternyata benar memiliki pengaruh terhadap cara kerja otak Anda

Senyuman itu menular
Senyum disebut-sebut bisa ditularkan. Ya, pernyataan klasik ini mungkin sering Anda dengar dari orangtua Anda di rumah atau ibu guru ketika Anda masih duduk di bangku sekolah dasar. Tetapi memang ternyata menular.

Coba saja Anda perhatikan jika ada orang yang senyum kepada Anda – entah itu disengaja atau pun tidak – pasti Anda juga akan membalas senyumannya. Pada saat itu bisa dibilang Anda “tertular” senyuman dari orang yang memberikan senyumannya pada Anda. Tanpa Anda sadari, mulai dari senyuman yang Anda lakukan itu, dari sana kebahagiaan Anda mulai terbentuk.

Sebenarnya, senyum dianggap bisa menular diakibatkan oleh rangsangan saraf yang secara otomatis muncul ketika seseorang melihat orang lain senyum. Saraf yang terangsang tersebut akan memberikan sinyal pada otot muka untuk membentuk senyuman di wajah Anda.

Senyum bisa mempengaruhi cara kerja otak
Apakah Anda pernah mencoba menahan pensil dengan gigi Anda? Beberapa penelitian menyatakan bahwa kegiatan tersebut membuat otot-otot di sekitar mulut dan wajah menjadi berkontraksi, dan dapat membuat Anda senang. Tapi, Anda tidak perlu susah-susah melakukan hal tersebut. Mudah saja, karena kegiatan tersebut sama dengan ketika Anda tersenyum.

Tanpa Anda ketahui, sebenarnya ada pesta yang sedang terjadi di dalam otak Anda, apabila Anda sedang tersenyum – tak peduli senyum yang menular atau tidak. Ya, otak akan secara alami mengaktifkan pusat saraf yang mengatur emosi manusia dan rasa kebahagiaan.

Begini mulanya: senyum akan mengaktifkan pelepasan neuropeptida – yaitu molekul kecil yang menjadi perantara antar-sel saraf agar bisa berkomunikasi – untuk menghilangkan stres. Tidak hanya stres, neuropeptida juga menjadi jembatan emosi dan perasaan yang Anda rasakan. Lewat semua neuropeptida tersebut, semua organ tubuh akan tahu jika terjadi perubahan suasana hati, entah itu sedih, marah, atau bersemangat.

Kemudian, seiring dengan Anda tersenyum hormon dopamin, serotonin, serta endorfin – yang disebut sebagai hormon bahagia – juga dilepaskan. Pelepasan ini mengakibatkan denyut jantung menurun, tubuh menjadi rileks, dan menurunkan tekanan darah. Selain itu, endorfin juga dikenal sebagai pereda nyeri alam yang tubuh miliki dan tidak ada efek samping apapun jika kadarnya meningkat.

Tidak hanya sampai di situ saja, serototnin diketahui sebagai obat anti depresan yang ampuh mengobati rasa stres dan depresi Anda. Dan tetap, zat tersebut merupakan zat alami yang tubuh Anda hasilkan sendiri.

Senyum juga berpengaruh positif terhadap penampilan
Salah satu alasan mengapa senyum bikin bahagia adalah senyum dapat mengubah penampilan Anda di depan umum menjadi lebih baik. Tidak percaya? Sebuah penelitian dari daerah Skotlandia bahkan telah membuktikannya.

Dalam penelitian tersebut para peneliti menemukan bahwa laki-laki atau wanita akan lebih tertarik jika melihat seseorang yang tersenyum dibandingkan dengan ekspresi wajah lainnya. Bahkan hampir semua responden tersenyum balik apabila melihat orang lain tersenyum. Hal ini kembali lagi ke pernyataan bahwa senyum dapat menular dan ditularkan.

hhttps://www.google.com/amp/s/hellosehat.com/hidup-sehat/fakta-unik/senyum-bikin-bahagia/amp/

Saraf Simpatik & Parasimpatik

Saraf Simpatik & Parasimpatik : Pengertian, Fungsi, Cara Kerja, Jalur & Perbedaannya  –

Sistem saraf tidak sadar mengatur kerja organ-organ tubuh yang tidak disadari oleh otak seperti kerja otot polos, otot jantung, kelenjar endokrin dan kelenjar eksokrin. Sistem saraf tidak sadar disebut juga sebagai sistem saraf otonom. Sistem saraf tidak sadar dapat dibedakan menjadi dua macam yaitu sistem saraf simpatik dan sistem saraf parasimpatik. Kedua sistem saraf ini bekerja secara berlawanan (antagonis) sehingga menghasilkan suatu sistem pengaturan yang baik. Contohnya seperti sistem saraf simpatik yang bekerja mempercepat denyut jantung dan sistem saraf parasimpatik bekerja sebaliknya, yaitu memperlambat denyut jantung.

Sistem Saraf Simpatik

Sistem saraf simpatik berupa sel-sel saraf yang terdapat di sepanjang tulang belakang sebelah depan yang dimulai dari ruas-ruas tulang leher hingga tulang ekor. Sistem saraf simpatik mempunyai simpul saraf atau ganglion di sepanjang tulang belakang sebelah depan, mulai ruas leher terbawah sampai dengan tulang ekor. Sistem saraf simpatik tersusun atas 25 pasang simpul saraf. Tiap simpul saraf saling berhubungan, sehingga menjadi dua deretan yaitu deretan kiri dan kanan. Tiap simpul dihubungkan oleh sumsum tulang belakang. Dari tiap simpul terdapat saraf yang menuju ginjal, paru-paru, jantung dan organ-organ lainnya. Dari setiap simpul saraf keluar serabut-serabut saraf yang menuju organ-organ tubuh seperti menuju jantung dan pembuluh darah
Fungsi/kerja sistem saraf simpatik

Mempercepat denyut jantung
Meningkatkan tekanan darah
Menurunkan sekresi ludah dan gerak alat pencernaan
Meningkatkan sekresi adrenalin
Menghambat sekresi empedu
Melebarkan pupil
Memperbesar bronkus
Menghambat pembentukan urine
Mengerutkan kulit rambut
Memperlebar pembuluh darah
Menghambat kontraksi pada kandung kemih
Mengaktivasi kelenjar keringat sehingga mengeluarkan keringat
Menghambat mekanisme gerak peristaltik usus
Melebarkan pupil dan melemaskan lensa mata sehingga cahaya akan lebih banyak masuk
Meningkatkan aliran darah dengan meningkatkan denyut jantung
Mempertahankan dan meningkatkan aliran darah ke otot rangka dan jantung
Melebarkan ruang alveolus paru-paru, sehingga volume udara/oksigen yang bertukar lebih besar

Sistem Saraf Parasimpatik

Sistem saraf parasimpatik merupakan jaringan yang berhubungan dengan simpul saraf yang tersebar di seluruh tubuh. Sistem saraf parasimpatik berupa jaring-jaring yang saling berhubungan dengan ganglion yang tersebar di seluruh tubuh. Serabut saraf pada sistem saraf parasimpatik menuju ke alat-alat tubuh yang bekerja di bawah pengaruh sistem saraf simpatik.

Fungsi/kerja sistem saraf parasimpatik

Memperlambat denyut jantung
Menurunkan tekanan darah
Meningkatkan sekresi ludah dan gerak alat pencernaan
Menurunkan sekresi adrenalin
Memacu sekresi empedu
Mengecilkan pupil
Memperkecil bronkus paru-paru saat tubuh dalam keadaan istirahat
Merangsang pembentukan urine
Mengembangkan kulit rambut
Mempersempit pembuluh darah
Mempercepat kontraksi pada kandung kemih
Mempercepat produksi air liur
Mendukung sintesis glikogen (hormone pemecah glukosa otot)
Merangsang aktivitas kelenjar kelamin
Mempercepat gerakan peristaltik usus
Memperlebar diameter pembuluh darah dan meningkatkan aliran darah ke sistem pencernaan, sehingga mendukung kerja usus dalam mencerna makanan
Membatasi aliran darah ke otot rangka dan paru-paru
Perbedaan Sistem Saraf Simpatik Dengan Sistem Saraf Parasimpatik

Sistem saraf simpatik

Ganglion saraf simpatik berada dekat sumsum tulang belakang, sehingga mempunyai urat pra ganglion pendek. Serabut praganglion saraf simpatik berukuran pendek, sementara serabut pascaganglionnya berukuran panjang.
Saraf simpatik keluar dari bagian bawah otak

Sistem saraf parasimpatik

Memiliki urat praganglion yang panjang karena ganglion menempel pada organ yang dibantu. Sistem saraf parasimpatik terdiri dari keseluruhan nervus vagus bersama cabang-cabangnya ditambah dengan beberapa saraf otak lain dan saraf sumsum sambung. Dan memiliki serabut pascaganglion yang pendek. Ganglia neuron parasimpatik terletak di dekat atau di dalam organ target. Saraf parasimpatik keluar dari bagian tengah dan bawah sumsum tulang belakang.

Apabila dilihat dari cara kerjanya seperti berikut ini :

Sistem saraf Simpatik merangsang kerja organ
Sistem saraf parasimpatik menghambat kerja organ

Peranan utama komponen simpatik dan parasimpatik sistem saraf otonom pada divisi motoris dalam mengatur fungsi tubuh bagian internal. Pada saraf simpatik dan saraf parasimpatik terdapat penghubung antara sistem saraf pusat dan efektor yang dinamakan ganglion.
Cara Kerja Saraf Simpatik Dan Saraf Parasimpatik

1. Saraf Simpatik

Terdapat dua jenis neuron (sel saraf) yang terlibat dalam menyalurkan sinyal (impuls) dari sistem saraf simpatis, yaitu sel saraf post-ganglionic dan sel saraf pre-ganglionic. Sistem kerjanya adalah neuron (sel saraf) pre-ganglionik akan melepaskan senyawa kimia berupa asetilkolin ke dalam neuron post-ganglionik. Setelah neuron post-ganglionik terangsang, maka ia akan melepaskan norepinephrine yang akan mengaktifkan reseptor (penerima sinyal) di organ yang dituju.

2. Saraf Parasimpatik

Cara kerja saraf parasimpatik sebenarnya hampir sama dengan saraf simpatis, tetapi yang menjadi perbedaan adalah sinyal yang dikeluarkan oleh neuron post-ganglionik adalah bersifat kolinergik (norepinephrine), bukan bersifat adrenergic (epinephrine). Jadi, sifat kolinergik inilah yang membuat kerja parasimpatik terbalik dengan simpatik.

Oleh karena sinyal yang dikeluarkan berbeda, maka mekanisme yang dilakukan oleh sistem saraf parasimpatik sering juga disebut dengan rest and digest. Hal ini karena pengaturan tubuh oleh saraf parasimpatik berhubungan dengan pengaturan saat tubuh sedang dalam kondisi istirahat dan membantu dalam mengendalikan proses pencernaan dan juga proses eksresi.
Jalur Saraf Simpatik Dan Saraf Parasimpatik

Jalur saraf otonom (simpatik dan parasimpatik) melibatkan dua sel saraf yaitu satu sel terletak di batang otak, sedangkan yang satunya lagi terletak di sumsum tulang belakang. Sel saraf ini dihubungkan dengan sel saraf yang lain yang terletak di gugusan sel saraf (ganglion otonom) melalui serabut saraf. Serabut saraf dari ganglion inilah yang terhubung ke organ-organ di dalam tubuh.

Sebagian besar ganglion pada saraf simpatis berada di sumsum tulang belakang pada kedua sisinya. Saraf simpatik disebut juga dengan sistem torakolumbar, Karena saraf nya yang keluar dari sumsum tulang belakang setentang dengan ruas tulang dada (thoraks) dan pinggang (lumbal). Sistem saraf simpatik memiliki 25 ganglion atau simpul saraf yang terdapt di sumsum tulang belakang.

Sedangkan sistem saraf parasimpatik berpangkal pada sumsum tulang lanjutan (medula oblongata) dan dari tulang sacrum, sehingga saraf parasimpatik disebut juga dengan sistem kraniosakral. Ganglion untuk saraf parasimpatik terletak di dekat organ yang dipersarafinya.

hhttps://seputarilmu.com/2018/12/saraf-simpatik-dan-parasimpatik.html

Khaziat Minyak Za’faran (Saffron)

KANDUNGAN ZA’FARON DALAM BIOSAIPRESS 
APA ITU ZAFARAN / SAFFRON?

Za’faran adalah sejenis pokok herba dengan ketinggian 10 hingga 30 cm. Bunga Za’faran mempunyai 3 kelopak bunga dan 3 kelopak daun yang berwarna unggu. Adalah sangat menarik diketahui hanya 5 hingga 7 kilogram Za’faran kering yang dapat diperolehi dari satu hektar tanah. Za’faran tergolong antara bahan yang termahal di dunia. Za’faran mempunyai khasiat dan nilai komersial yang tinggi.

bidadari-surga

Filamen Za’faran, sebenarnya adalah stigma kering dari bunga Saffron. Setiap bunga tersebut hanya mempunyai 3 filamen stigma sahaja. Za’faran (Saffron) merupakan rempahan yang paling berharga dan termahal di dalam dunia.

Khasiat utama Za’faran ialah merangsang pertumbuhan sel-sel otak manusia. Menguatkan ingatan. Amat baik jika dimakan bersama madu asli.

Saidina Ali (R.A) pernah menyatakan:
“Barangsiapa yang memakan za’faran dimakan bersama madu sebanyak 2 sudu setiap hari, maka dikagumi ingatannya sehingga dituduh melakukan sihir”.

IMG-20181121-WA0013

Khasiat Zafaran / Saffron :
1.Mencerdaskan pikiran, penyakit radang paru-paru, sakit tenggorokan dan tonsil.
2.Setiap masalah kulit, menghindarkan batuk dan pilek
3.Sakit kepala atau migran dan asma, muntah-muntah, penyakit ginjal, kesuburan
4.Gila babi atau sawan, sukar tidur malam (insomnia)
5.Demam. Masalah limpa, memacu selera makan, penyakit kanker, lumpuh, mengobati penyakit saluran buang air (renal colic)
6.pembengkatan hati atau hipatitis A dan B
7.Memudahkan pencernaan, menghilangkan bau mulut
8.Membuang angin dan asam yang berkumpul dalam perut
9.Menambahkan tenaga zahir dan batin
10.Mengatasi Impotensi
11.Pertumbuhan akal dan fisik bayi dan anak
12.Awet muda dengan kulit cerah dan bersih
13.Bahan penenang depresi
14.Mengurangkan kesakitan pada anak-anak ketika tumbuh gigi
15.merawat Anemia (Kekurangan Zat Besi)
16.Melancarkan perjalanan haid yang tidak menentu dan sembelit
17.Menguatkan ingatan dan menghilangkan keletihan
18.Mengawal tekanan darah dan kolestrol
19.Merawat penyakit saraf2
20. Mengawal kadar gula / kencing manis
21.dll

Cara Makan / Menggunakannya
5 stigma (filamen) za’faran untuk 500ml air. Boleh dicampurkan dengan apa juga jenis minuman. Sekurang-kurangnya 2 kali sehari (pagi dan malam).
Ambil 3 filamen za’faran dimakan bersama satu sudu kecil madu asli 2 kali sehari. 1 sudu waktu pagi dan 1 sudu waktu malam.

SESUAI DIAMBIL OLEH SEMUA PERINGKAT UMUR DAN SELAMAT DIAMBIL OLEH IBU-IBU MENGANDUNG.

KEISTIMEWAAN ZA’FARAN

ZA’FARAN adalah salah satu bahan rempah yang termahal didunia. Ia digunakan secara meluas di seluruh dunia terutama di Timur Tengah seperti India yang menggunakannya sebagai bahan asli untuk melazatkan masakan atau sebagai pewarna dan dianggap bahan terbaik untuk kesihatan.

1. DARI SEGI PERUBATAN
Dios Cerides – seorag doktor bangsa Greek dari UK menganggap ZA’FARAN mempunyai nilai perubatan seperti HIPPOCRATES, TEOFAOTO, GALENO dan lain-lain therapist menganggapnya sebagai bahan pembuka selera, membantu mengurangkan masalah ketidak hadaman makanan dan memberi manfaat kepada bayi & kanak-kanak.

Malah pada masa kini di INDIA, ianya digunakan sebagai penyembuh masalah pencernaan. Hasil kajian telah mendapati bahawa ZA’FARAN kaya dengan vitamin B2 dan Riboflavin. Kajian oleh Allan Conney (New Jersey) pula bahaw ZA”FARAN dapat mengelakkan sisitem pencernaan daripada kanser (Le Fiigaro Magazine 23/12/1994)

Di Eropah ZA’FARAN bayak digunakan di farmasi dan homeopathy sebagai bahan penenang kepada masalah jiwa yang tertekan.Kini ZA’FARAN digunakan dalam membuat minuman pencernaan dimana warnya yang keemasan itu di manfaatkan.

Di Mesir, ZA’FARAN telah dikenali semenjak 1500 tahun sebelum masihi (1500 BC) sebagai tumbuhan yang berguna untuk kesihatan seperti HIPPOCRATES, TEOFAOTO, GALENO dan lain-lain therapist menganggapnya sebagai:

” Membantu pencernaan makanan” Menghindarkan batuk dan radang paru-paru” Mengurangkan maslah insomnia” Memberi ketenangan kepada anak-anak waktu tumbuh gigi” Membantu mengeluarkan angin yang terkumpul di sistem pencernaan perut” Air anti spashodic

ZA’FARAN telah digunakan semenjak beribu tahun dahulu oleh ‘therapist’ dan pengusaha-pengusaha perubatan herba sebagai ramuan ubaat seperti:
” Melancarkan haid yang tidak menentu” Awet muda dan menambah tenaga zahir dan batin” Baik untuk sakit kepala bila ditampal di kepala” Membantu menenangkan jiwa yang tertekan. Di negara-negara Asia larutan ZA”FARN digunakan untuk membuat alat make up yang paling mahal serta kemampuannya merawat jerawat atau penyakit kulit yang lain dengan berkesan. Pada zaman kuno itu hanya terbatas pada wanita golongan di raja kalangn bangsawan dan saudagar

ZA’FARAN bukan saja melicinkan kulit, malahmembuatkan kulit cerah, sebab itulah di India terutamanya, wanita yang mengandung biasanya membubuh dua tiga urat ‘filamen’ daripad ZA’FARAN tersebut ke dalam susu dan di minum.

2. UNTUK MASAKAN
Za’faran telah menjadi bahan penting dalam masakan internasional. Di India za’faran memiliki banyak kegunaan di dalam nasi, minuman dan pencuci mlut. Di Negara Teluk, tamu disajikan dengan minuman di mana campurannya adalah kopi za’faran dan sejenis rempah (cardamurui) serta disajikan bersama za’faran.

Sirup yang menyegarkan juga di sediakan dengan za’faran. Di Spanyol sejenis maskan yang menggunakan ZAA “Faran ‘Spanish Cuisine’ sangat terkenal diseluruh dunia. Biasanya pengunjung atau wisatawan yang datang ke Spanyol tidak akan meninggalkan negara tersebut sebelum menjamah ‘Spanish cuisine’ tersebut. Penggunaan luas za’faran di Spanyol sebagai bahan masakan dapat digambarkan dengan di beberapa buah buku masakan silam seperti Libro Del Arte De Cocina (1599 Ad) De Diego Granado, Libro De Paste Leria (1611 Ad)

Di Italia “Rissoho A La Milanese” adalah makanan termasyhur. Di Swedia ada hidangan menyambut tamu dengan menyajikan ‘Cake za’faran’. Di Jepang penggunaan ZA “Faran juga bertambah dan mereka juga gemar memakan ikan yang disajikan secara mentah bersama ZA” Faran karena itu menambah kelezatan ikan tersebut dan mengeluarkan warna keemasan pada daging ikan tersebut.

3. UNTUK MINYAK WANGI
Di timur tengah selain berkhasiat menyembuhkan sakit kepala, itu juga digunakan sebagai parfum bermerek Attar yang disebut ‘ZA “Faran Attar’ itu mengeluarkan merek bertaraf internasional.

4. INDUSTRI SUSU
Za’faran telah memberikan warna yang cantik danmenyerikan mentega dan keju. Ia juga menambahkan kelezatan dan za’faran juga digunakan dalam membuat es krim.

5. TEMBAKAU rasa 
Kebanyakan di India di mana mereka menggunakan tembakau rasa za’faran yang disebut “Za’farn Zarda”. Itu menjadi sungguh enak.

6. INDUSTRI MAKANAN 
Telah digunakan secara luas termasuk makanan yang telah diproses.

7. BAHAN PEWARNA 
Catatan sejarah menunjukkan bahwa banyak bangsa di dunia menggunakan za’faran yang keemasan sebagai bahan penyeri kulit seperti bangsa Irish, India, Jepang dan lain-lain serta pakaian. Sampai sekarang biksu buddha masih menggunakan za’faran sebagai bahan pewarna untuk kain selepang yang mereka gunakan serta di dalam lukisan-lukisan mereka.

8. POKOK za’faran 
Za’faran dalah sejenis pohon herbal dari Loridacces dengan ketinggian 10 sampai 30 cm. Bunga za’faran memiliki 3 kelopak bunga dan 3 kelopak daun yang berwarna unggu. Adalah sangat menarik diketahui hanya 5 hingga 7 kilogram za’faran kering yang dapat diperoleh dari satu hektar tanah. Za’faran tergolong antara bahan yang termahal di dunia. Za’faran memiliki khasiat dan nilai komersial yang tinggi.

Penelitian ilmuwan membuktikan bahwa za’faran potensial digunakan sebagai salah satu eleman penting dalam produksi produk kecantikan kulit. Penggunaan za’faran bukan saja dapat mencerahkan kulit, sekaligus dapat melembutkan kulit. Bagi Anda yang mendambakan kulit yang cerah, za’faran adalah jawabannya.

Bagi ibu-ibu mengandung za’faran dapat mempengaruhi kecantikan kulit bayi dalam kandungan. Uji klinis menegaskan bahwa ekstrak za’faran memiliki nilai medis. Za’faran berpotensi untuk menurunkan tekanan darah dan detak jantung serta meluncurkan sistem respirasi.

9. KELAYAKAN farmasi 
Seperti lain-lain rempah, za’faran juga terkenal dengan kelebihan farmasi dari zaman dahulu dan dari penelitian sains modern, dari segi kegunaannya di dalam obat tradisional dan herbal. Kini, za’faran juga digunakan dalam memproduksi obatan menggantikan bahan kimia.

Pengaruh Tilawah terhadap kesehatan tubuh

*Pengaruh Tilawah terhadap kesehatan tubuh*

Bukti2 ilmiah Al Qur’an sudah nampak di akhir zaman ini, kemukzijatan Al Qur’an sudah di ketahui dunia saat ini, dan membuat mereka para saintific terpesona atas keilmiahan dan kemukjizatan Al Qur’an tersebut.

Prof. Dr. dr Suzane moore PhD telah merilis dalam journalnya, ia berkata : ini sebuah kitab yg menakjubkan karena terbukti kemukjizatannya, ia telah memperlihatkan bagaimana Al Qur’an merupakan sebuah obat penyakit manusia.

Suara yang keluar dari tilawah seseorang akan melayang ke udara dan kemudian masuk melewati telinga dan seterusnya di serap oleh tubuh, kemudian ia masuk ke sel-sel yang ada dalam tubuh kita. Suara yg terdengar dgn irama dan frekuensi tertntu mengandung informasi spesifik sehingga dapat memberi rangsangan kepada sel-sel dalam tubuh kita.

Al Qur’an yg tersusun secara sistematik dengan irama yang indah karena bacaan yang tartil dan pengulangan kata-katanya sungguh menakjubkan karena ia membuat sel-sel dalam tubuh kita bisa melawan penyakit-penyakit yg berbahaya, dg bahsa yg menyentuh, ternyata mengandung informasi spesifik pada setiap ayat-ayatnya. Dengan informasi yg spesifik ini bisa membuat sel-sel yang sakit menjadi sembuh.

Hasil penelitian terkini seperti yang di ungkapkan Prof. Dr. dr. Abraham nicole PhD, bahwa sel-sel darah merah yang telah di bacakan ayat-ayat Al Qur’an dengan bacaan tartil artinya bacaan yg indah dengan memakai kaidah Tahsin Tajwid, ia memperlihatkan respon tertentu. Sehingga sel-sel kankerpun bunuh diri. Bahkan virus auto imunpun lenyap. Terbukti dari hasil penelitian Prof. Dr. dr Victor Iron PhD USA

Penelitian lainnya membuktikan bahwa sel-sel kanker ganas menjadi normal kembali dengan bacaan ayat-ayat Al Qur’an.

Di samping itu penelitian memperlihatkan bahwa media yang paling baik untuk informasi Al Qur’an adalah Air putih, Madu, minyak zaitun, air zam-zam dan makanan alami yang sangat banyak ragamnya di dunia ini, ia bisa menjadi media informasi gelombang energi dari sebuah bacaan Al Qur’an.

*Inilah Manfaat Membaca Al-Qur’an bagi Kesehatan*

Menurut sebuah survey yang dilakukan oleh dr. Al-Qodhi di Klinik Besar Florida, Amerika Serikat, berhasil membuktikan hanya dengan mendengarkan ayat suci Al-Qur’an, baik mereka yg mengerti bahasa Arab atau tidak, ternyata *memberikan perubahan fisiologis yang sangat besar.* Termasuk salah satunya dapat *menangkal berbagai macam penyakit*.

Hal tsb dikuatkan lagi oleh Penemuan Muhammad Salim yang dipublikasikan Universitas Boston.

Mengapa di dalam Islam, ketika kita *mengaji disarankan untuk bersuara?* Minimal untuk diri sendiri alias terdengar oleh telinga kita.

Berikut penjelasanya :

Setiap sel di dalam tubuh kita bergetar di dalam sebuah sistem yang seksama, dan perubahan sekecil apapun dalam getaran ini akan menimbulkan potensi penyakit di berbagai bagian tubuh…

Nah… Sel-sel yang rusak ini harus digetarkan kembali untuk mengembalikan keseimbangannya.

*Hal tersebut artinya harus dengan suara.* Maka munculah TERAPI SUARA yang ditemukan oleh *dr. Alfred Tomatis, seorang dokter di Perancis*.

Sementara dr. Al-Qodhi menemukan, bahwa
MEMBACA AL-QUR’AN DENGAN BERSUARA, *Memberikan pengaruh yang luar biasa terhadap sel-sel otak untuk mengembalikan keseimbangannya.*

Penelitian berikutnya membuktikan *Sel Kanker dapat hancur* dengan menggunakan FREKUENSI SUARA saja.

Dan kembali terbukti bahwa, Membaca Al-Qur’an memiliki dampak hebat dalam proses penyembuhan penyakit sekaliber kanker.

Virus dan kuman berhenti bergetar saat dibacakan ayat suci Al-Qur’an, dan di saat yang sama , sel-sel sehat menjadi aktif.

Mengembalikan keseimbangan program yang terganggu tadi.
Silakan dilihat QS. Al-Isro’ ayat 82

Dan yang lebih menguatkan supaya diri ini semakin rajin dan giat membaca Al-Qur’an adalah karena menurut survei :

SUARA YANG PALING MEMILIKI PENGARUH KUAT TERHADAP SEL-SEL TUBUH, ADALAH SUARA SI PEMILIK TUBUH ITU SENDIRI.
Lihat QS. 7 ayat 55 dan QS. 17 ayat 10.

Mengapa Sholat berjama’ah lebih di anjurkan?.
*Karena ada do’a yg dilantunkan dengan keras, sehingga terdengar oleh telinga, dan ini bisa mengembalikan sistem yang seharian rusak.*

Mengapa dalam Islam mendengarkan lagu hingar bingar tidak dianjurkan?
*Karena survei membuktikan, bahwa getaran suara hingar bingar MEMBUAT TUBUH TIDAK SEIMBANG.*

Maka kesimpulannya adalah :

*1. Bacalah Al-Qur’an di pagi hari dan malam hari sebelum tidur* untuk mengembalikan sistem tubuh kembali normal.

*2. Kurangi mendengarkan musik hingar bingar,* ganti saja dengan *murotal* yang jelas-jelas memberikan efek menyembuhkan.
Siapa tau kita punya potensi terkena kanker, tapi karena rajin mendengarkan murotal, penyakit tersebut bisa hancur sebelum terdeteksi.

*3. Perbaiki baca Al-Qur’an (baca dengan tartil, penuhi Hukum Tajwid),* karena efek suara kita sendirilah yang paling dasyat dalam penyembuhan.

Dengan hanya tilawah yg baik dan Tartil Tajwid Tahsin maka kesehatanmu akan terjaga. In syaAllah

🌷salam ukhuwah🌷
🏵pecinta sholawat🏵
By.A.HABIBY..

Terapi Osteoartritis, Pengapuran Sendi


Testimoni Terapi Biosaipress

Alhamdulillah. .Biidznillah. .

Sakit pengapuran sendi karena usia sudah tua ..dapat disembuhkan dengan biosaipress reaksi cepat.

PENGAPURAN SENDI DI BAHU

Alhamdulillah. .Biidznillah. .
Testimoni sakit Osteoartritis / Pengapuran Sendi di bahu Sembuh dengan *Herbal Sunnah Biosaipress* reaksi cepat..

Info & Pesan :

Wa. 085697968001 / Hp. 0811187375

IMG-20181121-WA0013

Osteoartritis (OA)

Osteoartritis (OA, dikenal juga sebagai artritis degeneratif, penyakit degeneratif sendi) adalah kondisi di mana sendi terasa nyeri akibat inflamasi ringan yang timbul karena gesekan ujung-ujung tulang penyusun sendi.

images(5)

Osteoartritis terdiri atas “osteoartritis primer” yang dikenal juga sebagai artritis degeneratif atau penyakit degeneratif sendi, dan “osteoartritis sekunder” yang disebabkan oleh trauma tropisme atau cedera.[1]

Pada sendi, suatu jaringan tulang rawan yang biasa disebut “kartilago” biasanya menutup ujung-ujung tulang penyusun sendi. Suatu lapisan cairan yang disebut cairan sinovial terletak di antara tulang-tulang tersebut dan bertindak sebagai bahan pelumas yang mencegah ujung-ujung tulang tersebut bergesekan dan saling mengikis satu sama lain.

Pada kondisi kekurangan cairan sinovial lapisan kartilago yang menutup ujung tulang akan bergesekan satu sama lain. Gesekan tersebut akan membuat lapisan tersebut semakin tipis dan pada akhirnya akan menimbulkan rasa nyeri.
Penyebab
Area yang sering terkena osteoarthritis. Setiap orang pasti pernah mengalami nyeri sendi. Masyarakat awam dan bahkan beberapa dokter (secara keliru) langsung beranggapan karena disebabkan oleh rematik atau asam urat. Sebagian lagi berpikir akibat osteoporosis. Namun kenyataannya penyebab utamanya nyeri sendi (khususnya yang dialami oleh pasien berusia lebih dari 45 tahun) adalah osteoartritis yang mencapai hingga 60-70 persen. Osteoartritis dapat menyerang semua tulang rawan di sekujur tubuh, termasuk tulang belakang, tetapi terutama menyerang tungkai dari panggul, terutama lutut hingga pergelangan kaki, karena tungkai menahan berat tubuh dan karena itu untuk mengurangi risiko terjadinya osteoartritis, berat badan ideal harus dipenuhi. Penyebab osteoartritis bermacam-macam. Beberapa penelitian menunjukkan adanya hubungan antara osteoarthritis dengan reaksi alergi, infeksi, dan invasi fungi (mikosis). Riset lain juga menunjukkan adanya faktor keturunan (genetik) yang terlibat dalam penurunan penyakit ini. Namun, beberapa faktor risiko terjadinya osteoartritis adalah sebagai berikut:

Wanita berusia lebih dari 45 tahun
Kelebihan berat badan
Aktivitas fisik yang berlebihan, seperti para olahragawan dan pekerja kasar
Menderita kelemahan otot paha
Pernah mengalami patah tulang disekitar sendi yang tidak mendapatkan perawatan yang tepat

Pengobatan

Rasa nyeri yang diderita oleh penderita penyakit ini dapat dikurangi dengan berbagai macam cara seperti pengompresan atau penyuntikan cairan sinovial ke bagian sendi. Penyuntikan cairan sinovial sintetis, walaupun cukup mahal harus segera dilakukan, jika diperlukan untuk mencegah keadaan yang lebih parah dimana harus dilakukan penggantian dengan sendi sintetis yang lebih mahal lagi, kadang-kadang perlu istirahat beberapa bulan dan hasilnya tidak lebih baik daripada jika hanya dilakukan penyuntikan cairan sinovial sintetis. Sayangnya, penyuntikan cairan sinovial sintetis harus dilakukan berkala sekitar setahun sekali.

Dokter spesialis yang tepat untuk masalah ini adalah:

Jika masih ringan, Dokter spesialis Reumatologi (Sp.PD-KR)
Jika keadaan menjadi lebih berat, Dokter spesialis Bedah Orthopaedi dan Traumatologi (Sp.OT)
Kedua Dokter spesialis di atas dapat dibantu oleh Dokter spesialis Kedokteran Fisik dan Rehabilitasi (Sp.KFR d/h Sp.RM), misalnya setelah diberi Suntikan Cairan Sinovial Sintetik, masih kaku dalam berjalan dan perlu penguatan otot-otot untuk berjalan atau setelah operasi dan lama berbaring atau tak berjalan, maka mungkin dibutuhkan alat bantu berjalan dan latihan berjalan.

Osteoartritis derajat ringan (stadium 1 dan 2)

Terapi non obat terdiri atas:

menurunkan berat badan bagi yang kelebihan berat badan[2]
latihan menguatkan otot paha dan pinggul untuk menjaga kebugaran tubuh
memakai knee brance selama diperlukan[3]

Terapi obat terdiri atas:

  • obat antiradang dan nyeri
  • suplemen untuk menumbuhkan tulang rawan
  • obat pelumas sendi yang disuntikkan ke sendi

Laparaskopi atau peneropongan untuk mengetahui derajat kerusakan dan juga membetulkan atau mengikis kapur serta menambah pelumas dapat dilakukan sekaligus.

Osteoartritis derajat berat (stadium 3 dan 4)

Pilihan pengobatan terbaik sampai saat ini adalah operasi penggantian sendi. Operasi penggantian sendi adalah operasi yang dilakukan untuk mengganti sendi yang dilakukan untuk mengganti sendi yang telah rusak dengan prostesis.

Pencegahan

Pencegahan osteoartritis yang utama adalah mengubah gaya hidup, jika kegemukan maka berat badan harus diturunkan, harus berolahraga, tetapi tidak berlebihan dan hindari high-impact, misalnya senam high-impact dan lari jarak jauh, olahraga yang tidak banyak membebani lutut adalah berenang dan sepeda statis.[4]

Pencegahan juga dapat dilakukan dengan cara mengonsumsi makanan yang bergizi. Beberapa suplemen makanan juga dapat digunakan untuk mencegah penyakit ini. Beberapa suplemen yang umum digunakan antara lain adalah glukosamin dan kondroitin, tetapi suplemen-suplemen ini belum disetujui oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat, sehingga efek samping jangka panjangnya belum diketahui.[5]

hhttps://id.m.wikipedia.org/wiki/Osteoartritis