Manfaat Umroh di Usia Muda

Liputan6.com, Jakarta Menunaikan ibadah umroh di usia muda tentu menjadi impian kebanyakan orang. Namun, tak semua orang mendapatkan kesempatan yang sama untuk mengunjungi tanah suci di usia muda, terutama bagi mereka yang memiliki keterbatasan dalam hal finansial.

Sudah bukan rahasia lagi, untuk melaksanakan umroh rata-rata biaya yang dibutuhkan sekitar 20 jutaan, belum lagi mereka yang tinggal di daerah butuh biaya tambahan untuk transportasi. Jangan berkecil hati untuk Anda yang terkendala karena biaya, sebab kesempatan selalu ada bagi mereka yang berusaha dan bersungguh-sungguh.

Sebagai umat muslim, umrah tentu menjadi ibadah yang ingin segera dilaksanakan. Namun biayanya yang cukup menguras kantong seringkali menjadi hambatan. Oleh karena itu, banyaknya kebutuhan membuatmu harus pintar membagi pengeluaran agar seluruhnya bisa terjamin.

Biaya umrah yang cukup tinggi memang menyebabkan umat muslim menundanya. Nggak heran banyak yang baru bisa melakukan ibadah tersebut saat udah berumur. Lantas, anak muda cenderung mengasosiasikan ibadah umrah dan haji dengan usia lanjut. Padahal sebenarnya pergi umrah di usia muda ini bagus banget lho.

Sebagai umat muslim, umrah tentu menjadi ibadah yang ingin segera dilaksanakan. Namun biayanya yang cukup menguras kantong seringkali menjadi hambatan. Oleh karena itu, banyaknya kebutuhan membuatmu harus pintar membagi pengeluaran agar seluruhnya bisa terjamin.

Biaya umrah yang cukup tinggi memang menyebabkan umat muslim menundanya. Nggak heran banyak yang baru bisa melakukan ibadah tersebut saat udah berumur. Lantas, anak muda cenderung mengasosiasikan ibadah umrah dan haji dengan usia lanjut. Padahal sebenarnya pergi umrah di usia muda ini bagus banget lho.

Berikut ini ada beberapa kiat yang bisa Anda lakukan agar bisa berangkat umroh di usia muda.

1. Ikuti Tabungan Rencana di Bank

Niat ke tanah suci bisa segera dimulai dengan membuka rekening tabungan rencana berjangka atau Taka di bank. Bank akan secara otomatis menarik dana dari rekeningmu setiap bulan setiap tanggal tertentu.

Misalnya, dengan target dana Rp 20 juta, dan kemampuan menabung setiap bulan sebesar Rp 750 ribu, berarti Anda akan menabung sekitar 2 tahun lamanya. Anda bisa menabung di bank yang Anda percayai baik di bank umum maupun syariah. Namun, akan lebih baik jika menabung di bank syariah karena tujuan tabungan ini untuk keperluan ibadah. Dalam tabungan rencana ini, biasanya bank akan memberikan imbal hasil yang lebih tinggi dari tabungan biasa. Jadi manfaatkanlah tawaran dari bank agar Anda cepat mencapai target dana tersebut.

2. Menabung di Deposito Syariah

Tidak berbeda jauh dengan menabung di tabungan berjangka, uang pokok di deposito syariah akan aman dari gonjang-ganjing pasar keuangan. Dana dan bunga tersebut tidak akan berkurang. Sebab pemerintah akan menjamin simpanan tersebut, sepanjang nilainya tidak lebih dari Rp 2 miliar dan bunga yang diberikan tidak melebihi batas atas bunga simpanan yang ditetapkan Lembaga Penjamin Simpanan.  

3. Tambah Sumber Penghasilan

Setelah membuat rencana keuangan, ternyata menabung Rp 750 ribu tiap bulan cukup berat dilakukan. Anda perlu mulai mencari-cari penghasilan tambahan. Simpan gaji dari kerja sampingan ini di rekening khusus untuk biaya umrah. Pisahkan mana uang untuk kebutuhan hidup dan mana yang dikhususkan untuk umrah.

Misalnya gaji dari penghasilan utamamu untuk membayar kebutuhan primer dan sekunder. Maka uang dari kerja sampingan tak akan terusik dan bisa difokuskan untuk biaya umrah.

4. Umrah Hemat Murah atau Backpacker yang Lebih Murah

Jika tak sanggup menabung bertahun-tahun, kamu wajib melirik UMROH HEMAT dengan Hotel Bintang 3*** yang murah atau umrah backpacker. Umroh backpacker tengah menjadi tren saat ini sebab biaya umroh bisa ditekan sampai lebih dari 25 persen. Keuntungan lainnya adalah kamu bisa bepergian secara bebas dan fleksibel, lebih murah dibandingkan harga agen.

Umrah backpacker dapat dilakukan dengan mencari akomodasi saat promo hingga terbang dari negara tetangga. Untuk membekali diri, bergabunglah dengan kelompok atau komunitas umrah backpacker untuk mencari info lebih dalam dan tips umrah. Pastikan juga, Anda backpacker ke sana dengan rekan muhrim, agar lebih aman.

7 Manfaat Beribadah Umroh di Usia Muda :

1. Mengasah Jiwa Petualang

Kata orang jiwa muda adalah jiwa petualang. Tak jarang mereka yang masih berusia muda ingin merasakan sensasi umroh murah tanpa travel agent atau popular dengan istilah umroh backpacker. Jika mesti menuruti prosedur standar, beribadah umroh dari Indonesia mestilah melewati travel agent atau Biro Umroh resmi yang mendapatkan izin di Kementrian Agama.

Hal ini diakibatkan karena visa umroh tidak dapat didaftarkan secara perseorangan. Tapi Anda bisa mengatur sendiri penggunaan tiket pesawat dan akomodasi hotel selama di tanah suci (beberapa jamaah malah memanfaatkan pelataran masjid sebagai tmpat beristirahat). Banyak jalan menuju tanah suci, sekaligus mengembangkan semangat jiwa petualang yang positif. Lebih baik lagi apabila pesawat Anda transit di negara ketiga, yang merupakan bandara asal maskapai tersebut. Selain harga tiket yang murah, anda pun bisa menikmati extra jalan – jalan berpetualang

Untuk mempermudah perjalanan dan menghemat ongkos transportasi lokal, pilihlah penerbangan yang bandara ketibaannya sangat dekat dengan Mekkah (karena di Mekkah tidak terdapat bandara), yakni Bandara King Abdul Aziz Jeddah. Bandara ini juga dapat dijadikan lokasi Miqat atau tempat menyimak niat umroh dan mengawali ihram.

Untuk menuju ke Mekkah Anda dapat menggunakan sarana transportasi umum seperti taxi atau bus Saptco dengan ongkos cukup dengan 30 riyal. Atau ketika kamu berada di Madinah, bisa memanfaatkan sarana Bus Tingkat Madinah untuk berziarah dan city tour seputar tempat bersejarah di Kota Suci Madinah

2. Mimiliki Kemampuan Fisik Yang Fit Dan Prima

Selain memanjaatkan do’a dan keinginan kita di “rumah” Sang Maha Pencipta, Hampir 70 % dari kegiatan ibadah umroh memerlukan kegiatan fisik. Melakukan Ibadah umroh membutuhkan kemampuan fisik yang fit dan prima. Karena disana kita akan melakukan aktifitas aktifitas yang padat dan yang pasti sangat menguras tenaga. Misalnya kita thawaf mengelilingi kakbah bersamaan dengan jemaah-jemaah lain yang badanya tegap dan keker, melakukan lari-lari kecil di dari safa ke marwa, itu akan sangat-sangat menguras tenaga kita.

Jadi kita harus mempunyai tenaga ekstra. Pada saat mengelilingi kakbah itu berdesak-desakan dengan tidak jarang dihadapkan pada cuaca sangat panas maupun dingin yang ekstreem. Sehingga banyak jamaah umroh yang sudah berumur sering merasa kelelahan. Kalau kita umroh di usia muda kan tenaga kita masih fit prima. Insya Allah pelaksanaan Beribadah Umroh di Usia Muda pun akan lebih maksimal

3. Memberi Pengalaman Hidup Dan Ilmu Keagamaan

Sepulang dari tanah suci membuat diri kita banyak mendapatkan pengalaman dan ilmu yang berguna untuk diri kita maupun untuk orang lain. Dan memberikan memberikan pengaruh positif untuk orang lain, serta dalam menjalankan kehidupan sehari hari kita dapat menjadi pribadi yang lebih baik

Setiap jamaah umroh yang pulang dari tanah suci akan membawa “oleh – oleh” berupa kisah perjalanan yang Insya Allah dapat menginsprasi dan memotivasi orang lain untuk turut beribadah kesana.

4. Menyumbangkan Tenaga Kita Pada Saat Kita Berada Di Tanah Suci

Di saat kita melakukan ibadah umroh di tanah suci dengan BIRO UMROH, pasti dalam rombongan yang beribadah umroh bukan hanya anak muda, namun juga banyak anak dan orang tua pun juga bayak yang melakukan umroh dalam satu rombongan.

Di sinilah kita bisa membantu anak dan orang tua di saat meraka mengalami kesulitan saat berada di tanah suci dalam bidang apapun. Misal di saat mengelilingi ka’bah banyak orang tua yang tidak kuat jadi kita bisa membantunya dengan menuntunnya, atau bentuk bantuan lain. Tentu saja ini akan menambah pahala amal ibadah kita saat beribadah umroh

5. Melihat Orang Orang Yang Sangat Taat Terhadap Agama Islam

Soal kataqwaan memang itu tidak dapat dinilai dari sisi luar saja, namun setidaknya di Tanah Haram kamu akan disuguhi pemandangan orang – orang yang taat beribadah dari berbagai penjuru dunia. Terkadang mereka bedoa sampai menitikkan air mata, seraya “curhat” tentang segala permasalahan dan permohonan. Pada titik inilah kita berada sangat dekat dengan Allah SWT. Mereka berdo’a di depan Ka’bah, namun yang pasti mereka tidak menyembah ka’bah

Di tanah suci juga kamu akan melihat orang-orang arab saudi yang sangat disiplin dalam hal ibadah. Saat adzan berkumandang mereka akan segera menutup toko – toko mereka dan segera pergi ke masjid untuk menunaikan shalat. Hal ini kita dapat mencontoh dari sikap mereka yang mendahulukan pelaksanaan ibadah daripada beraktifitas lainya. Bahkan Mall pun dijadikan tempat sholat. Sebuah pemandangan yang sangat langka

6. Memohon Jodoh Dan Memohon Masa Depan Yang Cerah

Salah satu hajat keinginan yang banyak diutarakan oleh jamaah umroh yang berusia muda dan masih jomblo adalaj keinginan kuat untuk Memohon Jodoh dan Memohon Masa Depan yang cerah. Namun perlu diingat, banyak MITOS SESAT JABAL RAHMAH.

Dimana tempat yang merupakan pertemuan Nabi Adam dan Siti Hawa disebut tempat meminta jodoh. Bahkan tak jarang para jamaah haji dan umroh seringkali mencoret – coret tugu jabal rahmah dengan nama mereka. Sangat di sayangkan dan sebuah tindakan bodoh yang malah merusak makna dari ibadah umroh sendiri

Jika kita ingin berdo’a Memohon Jodoh dan Memohon Masa Depan yang cerah menurut beberapa hadist bukan di Jabal Rahmah tempatnya. Namun tempat mustajab yang paling utama itu bernama Multazam disamping di hijir Ismail dan dibelakang Maqam Ibrahim. Dengan berdoa di ka’bah dan masjidil Haram InsyaAlah akan mengabulkan doa doa kita. Kita bisa memohon agar kita segera diberikan jodoh yang solih atau soleha. Dan yang pasti bisa mempunyai masa depan yang cerah. Amiin

7. Perubahan Hidup Yang Positif Yang Akan Dialami Sepulang Umroh

Sepulang dari tanah suci teman-teman akan mengalami perubahan positif atas izin allah swt. Dan kita juga akan lebih memanfaatkan hidup kita ini untuk beribadah. Dan yang pasti kita akan meninggalkan hal- hal yang buruk yang dahulu pernah kita lakukan sebelum kita pergi ke tanah suci.

Selagi umur kita masih muda, mumpuni secara fisik dan mental termasuk finansial ayo teman-teman pergilah ke tanah suci untuk mendekatkan diri kepada allah SWT. Janganlah kamu menyia-nyiakan waktu untuk beribadah. Karena Allah akan melipatgandakan rezeki kita jika kita berangkat ke tanah suci dengan hati yang tulus, ikhlas dan semata mata karena Allah SWT

Selain stamina masih fit dan waktu untuk memperbaiki diri masih lama, banyak hal seru dan selaras dengan semangat mudamu yang bisa dilakukan selama umrah lho. Penasaran apa aja? Langsung aja yuk simak!

1. Banyak hal seru yang bisa kamu lakukan tapi dihitung ibadah. Misalnya aja memberi makan burung di jalan menuju Masjidil Haram

Seperti di negara lain, banyak terdapat burung-burung bebas terbang dan berkeliaran di tanah suci. Apalagi di jalan-jalan menuju Majidil Haram nih, kamu bisa menikmati pemandangan indah ini. Kamu pun bisa memberi makan mereka. Tanpa disadari hal itu merupakan ibadah lho, nggak menyangka ya! ;D

2. Usia muda adalah masa di mana kamu lagi galau dalam banyak hal. Nah manfaatin deh memohon pencerahan hidup dan jodoh

Biasanya tujuan kenapa mau pergi umrah agar apa yang diinginkan bisa cepat terkabul. Nah karena usia muda masih sering galau dalam berbagai hal, tentu banyak keuntungan yang kamu dapatkan saat umrah. Yah berdoa ingin mendapat pencerahan hidup dan meminta jodoh nggak ada salahnya dong?

3. Nggak ada larangan beli barang kebutuhan di sana. Mumpung masih muda, punya banyak tenaga untuk tawar-menawar harga

Namanya juga ibadah sekaligus wisata religi, nggak ada salahnya menyempatkan waktu berbelanja. Apalagi kalau ada barang yang nggak dibawa, jangan ragu beli di sana deh. Lagipula di usia muda ini kamu punya banyak tenaga untuk menawar harga. Jadi, manfaatkan dengan baik ya berbelanjanya!

4. Karena kerabat di Tanah Air banyak, bikin aja kuis di medsos biar kamu nggak pusing bagi oleh-olehnya. Siapa yang menang, dia yang dapat!

Saat mengetahui kamu umroh, pasti banyak kerabat yang udah menantikan oleh-oleh nih. Karena kerabat kamu pun banyak, biar adil iseng aja bikin kuis di media sosial (medsos). Siapa yang beruntung tentu dia yang akan memenangkannya! Hehe.

5. Doa sambil menatap Ka’bah secara langsung adalah impian setiap muslim. Bacakan doa juga buat mereka dengan bikin tantangan

Doa menghadap Ka’bah menjadi salah satu terindah yang kamu lakukan selama umroh. Untuk itu, nggak ada salahnya berbagi kesempatan itu dengan kerabat. Karena masih banyak yang belum bisa umrah, nggak ada salahnya membacakan doa untuk mereka.

Kamu juga bisa lho mendoakan mereka secara spesifik sesuai permintaan. Kayak yang dilakukan artis Fiona Facru nih – mengadakan tantangan kepada para followes-nya di migme. Nggak usah ribet-ribet, persyaratannya hanya dengan nge-like, share post, dan tuliskan doa yang ingin dibacakan aja. Berbagi keseruan umroh dengan kerabat via migme menyenangkan banget ya! ;D

Nah, gimana? Seru banget kan ternyata umroh saat usiamu masih muda. Mulai sekarang mari rajin menabung dan perbanyak ibadah agar keinginan satu ini cepat terealisasi. Semangat ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *